Jangan Sering Menunda Buang Air Kecil

NERACA

Terkadang orang mengabaikan sinyal tubuh untuk segera buang air kecil. Sesekali memang tak masalah, tapi bila kondisi ini dijadikan kebiasaan, tentu membahayakan di kemudian hari.

Didi K SpOG mengatakan, kandung kemih rata-rata memiliki kapasitas menampung urine sekitar 15 ons cairan (0,4 liter) dan menahan urine untuk jangka waktu panjang dapat meregangkan organ tersebut.

Mekanisme umpan balik otomatis di kandung kemih mengirim sinyal ke otak ketika penuh, yang kemudian mendorong seseorang untuk pergi ke toilet terdekat. Tapi jika kita sering menahan keinginan buang air kecil, tubuh mungkin kehilangan kemampuan untuk mengetahui kapan saatnya untuk pipis.

Selain itu, semakin lama menahan kencing, kandung kemih dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi, yang akan menyebar ke ginjal dan merusak bagian lain dari tubuh kita. Bahkan, bakteri bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih adalah infeksi bakteri yang mempengaruhi saluran kemih (organ yang menyimpan dan melepaskan air seni). Kondisi ini terjadi ketika kuman, biasanya bakteri, masuk uretra dan kemudian kandung kemih. Infeksi pada akhirnya dapat menyebar ke ginjal.

Gejalanya antara lain urine kecokelatan atau berdarah, anyang-anyangan (sering ingin buang air kecil meski tak ada urine yang dikeluarkan) dan demam ringan. Jika kita merasakan salah satu gejala itu, dokter dapat membedakan antara infeksi kecil atau ginjal. Dalam banyak kasus, pasien biasanya diberikan antibiotik.

Related posts