Email Pemerintah Untuk PNS

Teknologi tidak hanya mempermudah kegiatan manusia saja namun dapat membantu kita untuk menjaga keamanan data kita. Apalagi kini menjaga keamanan data digital menjadi sangat penting. Kemajuan era teknologi juga membuat pencurian data secara digital sering terjadi, khususnya data penting pemerintahan.

Data email khususnya sering sekali menjadi target pencurian. Karena itu terhitung sejak 1 Januari 2014, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI mewajibkan setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) memakai email resmi yang disediakan pemerintah @pnsmail.go.id atau email resmi di instansinya masing-masing saat sedang berdinas.

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar menjelaskan, saat ini seluruh instansi pemerintah telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung melaksanakan tugas dan fungsinya. Kendati demikian menurutnya, masih banyak pejabat yang mengunakan layanan email yang disediakan perusahaan internet asing, seperti Yahoo Mail, Gmail, dan Outlook.

Faktor keamanan data dari tindakan penyadapan asinglah, menjadi kekhawatiran pemerintah saat ini. Terlebih, Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat dikabarkan telah menyusup ke dalam sever ke sejumlah perusahaan internet, termasuk Google dan Yahoo. Karena itu ini sangat berisiko dan tidak aman dalam konteks kerahasiaan data dan informasi Negara.

Atas dasar itu, kementeriannya memandang, perlu adanya suatu langkah strategis dengan menyediakan email resmi pemerintah sebagai alat komunikasi surat elektronik atau email kedinasan yang diberikan pada PNS di seluruh Indonesia.

Bahkan, pemanfaatkan email kedinasan itu telah tertuang dalam Peraturan Presdien Nomor 81 Tahun 2010 dalam percepatan reformasi birokrasi. Pihaknya pun juga telah mengeluarkan surat edaran sejak Mei 2013 lalu. Hanya saja hingga penghujung 2013 lal, banyak PNS yang tetap menggunakan email lamanya.

Meski di setiap instansi sudah memiliki alamat email resminya masing yang berdomain .go.id, namun pemerintah berharap PNS dapat menggunakan domain yang disediakan pemerintah pusat @pnsmail.go.id. karena domain tersebut dapat menjangkau komunikasi lebih baik antara pemerintah dan seluruh PNS di Indonesia.

Agar pelaksanaannya efektif di lingkungan instansi masing-masing, Menteri PAN-RB mengharapkan para pimpinan instansi pemerintahan dapat mempersiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menerapkan sistem penilaian prestasi kerja pegawai yang baru.

Related posts