Lampu Pijar VS Lampu Hemat Energi

Belakangan ini, pilahan alat penerangan rumah semakin banyak. Kadang, kondisi itu menyulitan bagi para keluarga dalm mementukan pilihan. Tetapi, yang jelas saat ini penggunaan lampu pijar sudah banyak ditinggalkan. Pasalnya, terdapat banyak kekurangan jenis lampu ini jika dibandingkan dengan lampu jenis neon.

Ya, penggunaan lampu neon memang memiliki banyak kelebihan dibanding lampu pijar atau biasa disebut bohlam. yang paling terasa adalah kenyamanan penggunaan lampu tersebut. Dengan menggunakan lampu neon cahaya putih bersih yang dipancarkan berbeda dengan lampu pijar yang cenderung kekuningan.

Tak hanya itu, besarnya konsumsi daya tak pernah dari lampu pijar, panas yang dikeluarkan dan usia pemakaian sangat berbeda di antara kedua jenis lampu neon. Apalagi, belakangan ini juga semakin banyak jenis lampu neon yang menggunakan LED yang lebih praktis dan lebih memakan daya yang kecil.

Saat ini, semakin banyak saja jenis-jenis lampu neon yang beredar di pasaran, mulai dari yang berukuran besar, sedang sampai yang memiliki bentuk mini dan unik. Berbagai pilihan merk juga dapat dijadikan bahan pertimbangan apabila ingin membeli lampu neon.

Berikut ini di antara beberapa manfaat lampu neon jika dibandingkan dengan lampu pijar. Pertama, cahaya yang dihasilkan lebih putih bersih, sehingga terkesan lebih terang apabila digunakan untuk penerangan. Kedua, panas yang dihasilkan sangat rendah. Ketiga, cahaya dapat memancar lebih merata. Dan terakhir tentu saja lebih hemat, baik hemat energi atau hemat biaya, karena jenis lampu ini jika mengalami kerusakan masih bisa diperbaiki.

Sedangkan jika berbicara kelemahan lampu pijar, berikut beberapa di antaranya. Pertama, mempunyai efisiensi rendah, karena energi yang dihasilkan untuk cahaya hanya 10% dan sisanya memancar sebagai panas (400oC). Kedua, mempunyai efikasi rendah yaitu sekitar 12 lumen/watt. Ketiga, umur lampu pijar relatif pendek yakni sekitar 1.000 jam). Dan yang terakhir lampu jenis ini sangat sensitif terhadap tegangan dan menghasilkan cahaya yang menyilaukan.

Related posts