Kelola Keuangan 2014: Hindari Pemborosan

NERACA

Tahun Baru merupakan saat bagi kita memperbarui komitmen untuk menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Mungkin ada di antara Anda yang berpikir, bahwa cara untuk memiliki keuangan yang lebih baik adalah dengan mencari pekerjaan baru, agar mendapat gaji yang lebih tinggi. Bahkan Anda sudah membuat rencana dan target, dengan gaji baru yang berjumlah 2 kali lipat dari yang sekarang.

Menurut Salamuddin Daeng, pengamat keuangan dari Indonesia for Global Justice (IGJ) mengatakan, apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan kita? Jawabannya adalah: melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Jadi, jangan dulu berpikir untuk mencari pekerjaan dengan gaji lebih tinggi, sebelum Anda dapat mengontrol keuangan Anda dengan baik. Intinya bukanlah berapa besar penghasilan Anda, tetapi bagaimana pengelolaan keuangan Anda.

Menurut dia, pengelolaan keuangan pada dasarnya terbagi atas empat hal. Yang pertama adalah check up atau melakukan analisa keuangan. Kedua, merencanakan dan menentukan target atau tujuan keuangan. Ketiga, bagaimana realisasi atau pelaksanaannya. Keempat, monitoring. Jadi Anda harus melakukan 4 aturan pokok itu untuk mempunyai pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Karena, dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda akan dapat memenuhi semua kebutuhan Anda sehari-hari, membayar tagihan tepat waktu, melunasi utang, dan memenuhi tujuan keuangan jangka panjang. Sebelum melakukan ke empat langkah tersebut, miliki dulu dana darurat yaitu dana untuk keperluan darurat sebesar 3 – 6 bulan biaya pengeluaran.

Related posts