Pacu Tumbuh Kembang Bayi Lewat Spa

Saat ini telah banyak menjamur tempat-tempat spa bayi di kota-kota besar. Tentunya, karena para orangtua meyakini banyak manfaat dari spa bayi tersebut.

Neraca

SPA sebetulnya merupakan singkatan dari tiga kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu solus per aquayang artinya melakukan perawatan tubuh dengan air sebagai media.

Sebenarnya sejak zaman nenek moyang rangkaian spa bayi ini sudah dilakukan. Hanya saja dengan cara tradisional berupa mandi dengan air hangat dilanjutkan dengan pijat urut oleh dukun bayi. Bedanya si kecil tidak berenang di kolam air, tapi hanya dimasukkan ke dalam bak mandi saja.

Menurut penelitian, spa bayi ini memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan si kecil. Di antaranya, melancarkan peredaran darah, sehingga perkembangan si kecil akan lebih pesat pada usia pertumbuhannya. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah terserang penyakit.

Spa juga diyakini memberikan efek relaksasi, sehingga si kecil bisa tumbuh dengan ceria dan membantu membentuk pribadi yang supel, ceria, dan mandiri. Meningkatkan kualitas tidur, hal ini juga berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi karena otak bayi akan berkembang selama masa tidurnya.

Mengoptimalkan tumbuh Kembang anak, motorik bayi dapat berkembang lebih pesat dibanding anak lain seusianya. Spa bayi ini bisa membantu meningkatkan kecerdasan si kecil. Membantu memperbaiki sistem pencernaan si kecil, dan membuatnya mudah makan.

Rangkaian spa bayi ini bisa dimulai sejak si kecil berusia satu bulan. Rangkaiannya meliputi baby swim selama 15 menit dan dilanjutkan dengan baby massage selama 20 menit, diakhiri dengan pemberian sinar infra red selama 10 menit. Seluruh rangkaian ini bisa dilakukan di bawah pengawasan fisioterapis agar tidak terjadi cedera ataupun kesalahan yang berakibat fatal.

Fisioterapis Ninik Sutini mengatakan, baby spa dari sudut pandang fisiotherapy pediatric sangat diperlukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Menurut Ninik, ada 4 aspek yang bisa dioptimalkan melalui baby spa, yaitu perkembangan motorik kasar, motorik halus, personal social, dan bahasa.

Perawatan Baby Spa

Sementara itu, proses perawatan spa untuk bayi ini sangat mudah dilakukan sendiri oleh para orang tua. Masukkan bayi ke dalam bak, bisa bak kamar mandi dengan air hangat. Jangan lupa memberikan pelampung kecil di leher bayi supaya lebih aman. “Yang penting orang tua mengetahui cara melakukan baby spa. Selain itu, sebaiknya anak harus sudah makan minimal satu jam sebelumnya, supaya anak tidak mudah menggigil kedinginan,” ujar Ninik.

Si kecil seperti diajarkan bagaimana cara berenang sejak dini. Tapi bukan hanya itu tujuan utamanya. Tapi melatih supaya ke depannya berani mencoba hal-hal baru. Apa yang dilakukan di baby spa, secara tidak langsung akan terekam di memori si bayi.

“Ketika dewasa nanti diharapkan tidak takut mencoba hal-hal baru. Memang pada awalnya bayi akan merasa takut, tapi lama-kelamaan dia akan menikmati setiap gerakan tubuhnya dalam air. Sebagai tahap awal sebaiknya jangan lebih dari 5 menit. Jangan terlalu dipaksakan, nanti malah takut,” tutur Ninik.

Manfaat Baby Spa

Satu tahun pertama setelah rutin melakukan baby spa, si kecil akan terlihat lebih ceria, tidak takut alias punya percaya diri yang tinggi. Ke depannya dia akan tumbuh menjadi sosok yang sehat, lebih supel, punya inisiatif, dan siap menjadi calon pemimpin generasi penerus bangsa.

Ninik kembali menekankan bahwa orang tua yang ingin melakukan perawatan sendiri, harus mempelajari terlebih dulu cara yang tepat melakukan baby spa. Kalau belum mahir,sebaiknya memanfaatkan jasa perawatan baby spa.

Related posts