Pasar Otomotif 2014 Diprediksi Semakin Berinovasi

Tahun 2014 sudah dekat. Prediksi mobil yang bakal meluncur tahun depan sudah mulai terkuak dan persaingan merebut pasar otomotif di Indonesia diperkirakan semakin ketat.

NERACA

Pasar otomotif global bisa menembus rekor baru tahun ini berkat persaingan ketat antara Agen Pemegang Merek (APM). Meskipun pasar masih mencoba pulih dari krisis moneter, terutama di beberapa regional seperti Eropa, tetap saja penjualan mobil lebih besar dari tahun lalu.

Sedangkan pada tahun 2014 sudah mulai terlihat persaingan antar APM yang mencoba meluncurkan kendaraan terbarunya pada tahun 2014 ini. Mulai dari segmen city car sampai sports car dengan harga yang tinggi. Berikut 10 merek yang siap meramaikan pasar mobil tahun depan.

Jaguar F-type Coupe

Jaguar F-type Coupe ditujukan pada penggila kecepatan. Diklaim Jaguar, ini mobil performa terbaik yang pernah diproduksi. Modelnya akan mengawali debut di Los Angeles Auto Show 2014 dan dijual setelah peluncuran model convertible-nya.

Belum jelas kemampuan mesinnya, tapi merujuk pada model Jaguar F-type bukan tidak mungkin Jaguar F-type Coupe akan lebih sangar dari Jaguar F-type mesin V-8 bertenaga 495 Hp dan torsi 623,7 Nm (tipe tertinggi Jaguar F-type).

Jaguar F-type versi cabriolet diklaim berlari dari 0-100 Km/Jam dalam hitungan dari 5 detik. Bagaimana Jaguar F-type Coupe ya?. Nah untuk harganya diperkirakan mulai Rp 1 miliar

Mercedes-Benz S-Class Coupe

Ini salah satu mobil Mercy yang paling dinanti. Prediksi kalau mobil ini meluncur di pertengahan 2014. Mercedes-Benz S-Class Coupe mengawali debut di Frankfurt Motor Show 20313 dengan detail spesifikasi yang masih ditutupi. Diluncurkan secara resmi, mobil ini ditaksir seharga Rp 1,8 miliar.

All New MINI

Penggemar MINI di dunia jangan khawatir. Soalnya produsen memastikan akan meluncurkan MINI terbaru tahun depan. MINI terbaru menggunakan platform BMW dengan harga mulai dari Rp 309 juta.

Porsche Macan

Dan yang tidak asing adalah Porsche Macan. Mobil tersebut diluncurkan Porsche pada April 2014. Mobil tersebut diposisikan di bawah Porsche Cayenne. Oleh Porsche, SUV Macan untuk merontokkan dominasi Range Rover Evoque. SUV Macan ditaksir berbanderol mulai Rp 875 juta.

Nissan Qashqai

Model terbaru Nissan Qashqai akan menjadi mimpi penggila Nissan tahun depan. Nissan akan meluncurkan crossover generasi terbaru paling cepat awal tahun depan dengan perkiraan harga Rp 355 juta.

Crossover itu akan menggunakan mesin 1.200 cc bensin dengan turbo dan mesin diesel 1.5 dCi bertenaga 108bhp dan 1.6 dCi dengan tenaga mencapai 128 bhp.

Audi A3 Cabriolet

Generasi kedua Audi A3 Cabriolet akan mengikuti kesuksesan. Audi A3 Cabriolet akan dipasarkan pada April 2014. Konsumen yang tertarik bisa mulai memesan mobil ini sekarang. Mobil asal Jerman ini dibanderol mulai dari Rp 521 juta.

Mercedes-Benz C-Class

Model anyar dari sedan premium Mercedes-Benz C-Class diprediksi meluncur pada Juni 2014 dengan harga Rp 525 juta. Mercedes-Benz C-Class 2014 menawarkan desain eksterior dan interior terbaru yang dibalut kemewahan.

Mercy C-Class terbaru menggunakan bodi aluminium sehingga bobotnya lebih ringan 70 kg dari versi sebelumnya yang menggunakan baja. Penggunaan bahan alumunium menjadikan Mercy C -Class sedan teringan di kelasnya. Jika ditotal, bobot Mercedes-Benz C-Class 2014 lebih ringan sekitar 100 kg dari pendahulunya.

Dan untuk sasis, Mercedes-Benz C-Class 2014 dikaitkan dengan 4-link as roda depan untuk suspensi yang terbuat dari baja. Keunggulan lainnya yakni tersedia air suspension (AIRMATIC) pada as roda depan dan belakang yang memungkinkan pengemudi untuk memilih antara mode Comfort, ECO, Sport dan Sport Plus.

Volkswagen Golf Plus

Volkwagen akan mempersembahkan model konsep Golf Sportsvan terbaru tahun depan dimana sebagai model pengganti Golf Plus. Tersedia 4 mesin yaitu turbo 1.4 liter dan masing-masing menghasilkan kuasa 85, 110, 125 dan 150 PS. Mesin turbodiesel dengan 3 pilihan yaitu 2.0 liter 150 PS, 1.6 liter 90 PS dan 1.6 liter 110 PS untuk varian Sportsvan BlueMotion.

BMW 2 Series

Line up BMW ini akan meluncur paling cepat Maret 2014. BMW 2 Series akan menggantikan 1 Series Coupe. Mobi sport tersebut lebih baik dari BMW 1 Series

BMW 2 Series Coupe ini tersedia mesin TwinPower Turbo. Kemampuan mesin tersebut lebih baik dari model BMW 1 Series. Diakui BMW mobil ini memiliki handling stabil dan kenyamanan luar biasa berkat rear-wheel drive dengan harga sekitar Rp 490 juta.

Volvo XC90

Mobil super Volvo ini meluncur akhir 2014 dan model produksinya akan diperlihatkan pada semester pertama 2014. Volvo model XC90 generasi terbaru tersebut akan menggunakan mesin empat silinder dan dengan kapasitas tidak lebih dari 2.000 cc. Generasi sebelumnya, XC90 diperkuat mesin kapasitas 2.4 liter hingga 4.4 liter dengan 6 hingga 8 silinder.

Oleh Volvo mesin mobilnya dibuat seramah mungkin. Diakui Volvo mesinnya memiliki rata-rata kadar karbon emisi 100 gram/km. Harga mobil diestimasi Rp 707 juta.

Related posts