Antioksidan pada Tembakau-Cengkeh Dapat Cegah Penyakit

NERACA

Banyak khasiat dari tembakaudan cengkeh yang mengandung komponen bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Antara lain, senyawanya berpotensi menjadi antioksidanyang dapat mencegah berbagai penyakit.

"Bioaktif yang terkandungdari hasil pentanian tersebutseperti flavonoid dan fenol, senyawanya berpotensi menjadi antioksidan yang dapat mencegah kanker, antikarsinogen, antiproliferasi, antiinflamasi serta memberikan efek proteksi terhadap penyakit kardiovaskuler," tutur Toto Sudargo dari UGM.

Bahkania mengatakan,diversifikasi produk turunan tembakau memberikan banyak manfaat yang tidak membahayakan bagi kesehatan manusia. Misalnya, bahan kimia dasar untuk pestisida, kosmetik, obat bius, industri farmasi dan sebagainya.“Jadi tembakau sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh, “ ungkapnya.

Di sampingmemberikan manfaat ekonomibagi enam juta penduduk Indonesia yangtergantung pada tembakaudanindustri terkait. Tembakau juga memberikan cukai yang tinggi bagi negara. Untuk tahun 2012saja, memberikan pendapatan hingga Rp 70 Triliun, tuturnya.

Sementara itu Kepala UPT PSMB LT Jember Disperindag Provinsi Jatim, Ir Desak Nyoman Siksiwati, MMA mengungkapkan bahwa tembakau jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja, masih banyak sisi positif lain dari tanaman tembakau yang masih bisa dimanfaatkan serta dikembangkan.

“Tembakau tidak hanya untuk rokok saja, melainkan digunakan untuk sejumlah barang yang bermanfaat bagi manusia. Hal ini untuk menyadari petani dan masyaarakat Jember bahwa masih banyak peluang agar tembakau tetap maju. Kedepan ekspor tembakau bisa ditingkatkan, “ tuturnya.

Related posts