Pulau Poya Lisa - Surga Yang Tersembunyi Dari Peta

Berkunjung ke pulau yang satu ini Anda pasti akan mendapatkan suatu pengalaman yang berbeda. Pulau kecil Poya Lisa nan rupawan dengan suasana yang tidak begitu ramai ini adalah salah satu tempat tepat untuk sejenak berelaksasi. Keindahan alam bahari yang masih alami akan menjadi suguhan yang menyejukkan mata dan meringankan pikiran penat Anda akibat rutinitas pekerjaan atau suasana hiruk pikuk perkotaan.

Berkeliling dengan perahu ditemani pengelola penginapan yang bertindak sekaligus sebagai pemandu tidak boleh dilewatkan.Snorkelingsepertinya sudah menjadi kegiatan wajib yang dilakukan saat berada di sebuah pulau terpencil yang menyimpan pesona kecantikan bawah laut yang marak warna ini. Memancing adalah kegiatan mengasyikkan lainnya yang dapat dilakukan sembari berpesiar dengan perahu kayu.

Pulau-pulau yang tersebar di kawasan ini menjadi sebuah paket wisata bahari yang lengkap tentunya. Mengunjungi pulau-pulau tersebut akan menjadi sebuah pengalaman liburan Anda lebih kaya cerita. Ada hutan mangrove (bakau) yang dapat ditelusuri dengan perahu sewaan dan juga gua kelelawar yang menarik dikunjungi.

Sekira 10 menit dari Poya, terdapatPulau Tupae. Berbeda dengan Pulau Poya yang dikelola dan dimiliki penduduk lokal, Pulau Tupae dikelola seorang wanita berkebangsaan Amerika. Pulau ini lebih ramai baik wisawatan dancottagenya dibanding Pulau Poya. Pengelolaan di kawasan ini lebih professional dan juga memiliki keindahan sebuah pulau tropis yang menawan.

Apabila ingin mengunjungiPulau Kadidiri,yang merupakan destinasi wisata utama di kawasan Kepulauan Togean, dibutuhkan waktu tempuh sekira 2 jam menggunakan perahu kecil dari Poya Lisa. Sebelum tiba di Pulau Kadidiri, mungkin jalur perahu akan pula melintasi pulau lain yang tak kalah cantik. Pulau Taipi namanya.

Pulau ini terkenal dengan banyaknya terumbu karang yang bahkan sudah dapat dilihat dari jarak 5 meter dari garis pantainya. Keindahan terumbu karang tersebut bahkan dapat dinikmati dari atas perahu. Beragam biota laut yang beraneka ragam menjadikan hamparan terumbu karang sebagai rumah dan sumber makanan.

Pulau Poya Lisa juga terletak tak jauh dariPulau Una Unayang terkenal dengan keberadaan gunung api yang masih aktif, yaitu Gunung Colo. Di pulau ini juga terdapat beberapa titik penyelaman yang memesona dan cantik.Pulau Siatuyang terkenal karena menjadi tempat pemukiman suku Bajo juga dapat menjadi paket wisata bahari selama menginap di Poya Lisa.

Kundurangadalah lokasi lain yang biasanya menjadi tujuan wisata selanjutnya. Selain memiliki pemandangan laut berwarna biru bening dengan langit luas yang tak kalah biru, Kundurang juga menjadi tempat favorit untuk memancing. Dibutuhkan waktu sekira 2 jam untuk mencapai kawasan yang kejernihan airnya seolah transparan menampilkan pesona bawah lautnya.

Saat Anda berlayar menggunakan perahu, pihak pengelola penginapan akan membekali Anda dengan makan siang yang memang menjadi satu paket dengan biaya penginapan. Setelah lelah mengarungi keindahan biru laut yang bening dan mengunjungi pulau-pulau tetangga yang memiliki suguhan wisata berbeda, Anda dapat bersantai di tepian pantai sambil menikmati Matahari tenggelam.

Sebagai sebuah pulau terpencil, untuk dapat berkeliling di sekitar Pulau Poya adalah paling tepat dilakukan dengan perahu atau kapal kecil. Perjalanan menggunakan perahu ini biasanya ditemani seorang pemandu dan tentunya seorang yang menggerakkan dan mengarahkan perahu tersebut. Sewa perahu kurang lebih Rp300.000,- per hari. Anda bahkan dapat melakukan kegiatan memancing dari atas perahu saat tiba di daerah tertentu yang potensial sebagai kawasan pemancingan, contohnya Kandudurang.

Makanan yang ada di Pula Poya Lisa adalah makanan yang dimasak dan disediakan oleh pemilikcottage. Makanan yang disajikan tersebut cukup enak dan bervariasi. Saat sarapan, biasanya disuguhkan berbagai macam jenis kue; saat makan siang dan makan malam, menu andalannya adalah nasi, sayur, dan ikan yang dimasak dengan cara atau bumbu yang berbeda-beda sehingga tidak akan membosankan. Sekitar pukul 4 sore, akan ada makanan ringan (kudapan) sebagai teman minum teh.

Related posts