Indonesia-Japan Expo (IJE) 2013 - peringatan 55 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Jepang

Acara kebudayaan memang tidak pernah sepi, selain memperkenalkan kebudayaan suatu daerah bahkan negara, acara kebudayaan terus ada agar suatu kebudayaan tetap ada, lestari dan tidak hilang. Dalam acara kebudayaan tidak hanya sebuah tradisi seperti tarian, kuliner atau cendera mata saja namun cerita bahkan edukasi tentang pentingnya menjaga kebudayaan ikut diselipkan didalamnya.

Seperti acara yang satu ini, acara yang berlangsung pada 19-22 Desember 2013, bertempat di arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran. Perhelatan IJE 2013 diisi berbagai kegiatan hiburan dan seni budaya yang terintegrasi serta mewakili kehidupan masyarakat dari kedua negara. Kebudayaan memang sangatlah penting untuk dijaga keberadaannya, tidak hanya menjadi ciri khas suatu negara saja, kebudayaan juga menjadi indentitas dan kebudayaan bangsa.

Event berskala cukup besar ini menghadirkan berbagai kegiatan mulai dari pameran, seminar dan diskusi, pergelaran seni dan budaya, serta pertemuan berbagai komunitas. Pengunjung yang hadir dalam acara ini dapat memperoleh pengetahuan dan hiburan tentang segala aspek yang berkaitan dengan kerjasama antara Indonesia dan Jepang selama 55 tahun.

IJE merupakan puncak dari serangkaian kegiatan peringatan 55 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Jepang. Sebelumnya acara digelar baik di Jepang maupun di Indonesia dengan menghelat berbagai festival, diantarnaya adalah: Festival Tari Bali di Osaka, Festival Film Indonesia di Jepang, Turnamen Sumo di Jakarta, The World Police Band Concert di Jakarta, Jak-Japan Matsuri di Jakarta, pemutaran Japan Film Week Festival di Kompas TV, dan Peluncuran Film TV (FTV) dengan judul Aishiteru di Jakarta.

Indonesia-Japan Expo (IJE) 2013 diikuti sekitar 150 perusahaan, institusi, lembaga, pemerintah daerah dan komunitas. Peserta pameran selain dari kalangan perusahaan yang sudah lama beroperasi di Indonesia, juga perusahaan yang belum beraktivitas di Indonesia tetapi berminat melakukan kerjasama bisnis dengan Indonesia. Sementara itu, untuk pelaku ekonomi, ilmuwan, pemerhati kajian strategis maka event ini tepat untuk melakukan kajian evaluatif dan perencanaan kerjasama dan hubungan kedua negara agar lebih baik lagi.

Indonesia-Japan Expo (IJE) 2013 terselenggara berkat kerja sama Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang (PPIJ) bekerja sama dengan The Nikkan Kogyoo Shimbun Ltd.

Related posts