Selamatkan Uang Konsumen Sebesar Rp865 Juta - BPSK Kabupaten Sukabumi

Sukabumi - Sepanjang kurun waktu 2013, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Sukabumi, telah berhasil menyelamatkan Rp865.518.243 uang konsumen dan menagani 131 perkara.

Apabila dilihat dari statistik pertahun semenjak tahun 2010, penangan perkara konsumen ini sangat naik drastis. "Selama tahun 2010 kita menangani 24 perkara yang didominasi perkara leasing dengan rincian penanganan konsiliasi dua perkara, mediasi 10 perkara dan ditolak 12 perkara. Sedangkan penanganan arbitrase saat itu tidak ada," ungakp Kepala Sekretariat BPSK Kabupaten Sukabumi, Memed Jamaludin kepada Neraca, Kamis (26/12).

Sedangkan pada tahun 2013 ini, ungkap Memed, selain menangani perkara dan berhasil menyelamtkan uang konsmen, BPSK lebih banyak melakukan kegiatan sosialisasi dan peningkatan pemahaman masyarakat atas hak sebagai konsumen.

Pada tahun ini pula, kata Memed, BPSK Kabupaten Sukabumi meraih peringkat ke tiga nasional dari Kementerian Perdagangan atas keberhasilan kinerja. Dan pata tahun ini pula, sebanyak delapan daerah melakukan kunungan kerja ke BPSK. Kedelapan daerah itu yakni, kota magelang pada 31/5, BPSK Kabupaten Indramayu pada 5/7, BPSK Kota Mataram, Kota Batam, Kota Medan, dan Kota Palembang pada 17/10, disusul Kabupaten kuningan pada 29/10 dan terakhir Kota Bukit Tinggi pada 2/12.

Memed mengungkapkan, tahun 2011, imbuh Memed, BPSK menangani 42 perkara dengan rincian 11 perkara ditangani secara konsiliasi, 7 perkara dengan mediasi,7 perkara secara arbitrase dan 17 perkara di tolak. "Pada tahun 2011 kita berhasil menyelamakan uang konsumen sebesar Rp17.218.689," terang Memed.

Pada tahun 2012, tambah Memed, pengaduan semakin meningkat dengan jumlah perkara sebanyak 75 perkara. Dalam penyelesaiannya, 8 perkara secara konsiliasi, 40 mediasi, 19 arbitrase dan 8 ditolak. Dan pada tahun 2012 lalu, banyak agenda penting yang terjadi. Salah satunya, penilaian tim kementerian perdagangan, penerimaan penghagaan dan musyawarah nasional, dimana penghargaannya diterima Kepala Diskoperindag Asep Japar.

Memed menjelaskan, dari tahun ke tahun tersebut, BPSK Kabupaten Sukabumi pada pertengahan periode telah menangani 262 perkara dengan catatan 49 perkara ditolak karena penggugat tidak hadir dan mencabut pengaduan. Total uang konsumen terselamatkan pada periode ini sebesar 361.359.773.807. "Nilai ini berdasrkan hitungan tahun 2010 sampai dengan 2013. Dan pada akhir tahun ini kami sedang memproses tiga perkara," ungkap Memed.

Related posts