Persiapkan Mendirikan EO

Meskipun terlihat simpel, mendirikan sebuah EO sebetulnya cukup rumit. Salah-salah, bukannya malah untung kerugian pun tak dapat dihindari karena salah melakukan persiapan. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menyaipakan EO agar tak gulung tikar di tengah jalan.

Pengalaman

Tak salah jika ada ungkapan “Pengalaman adalah guru paling berharga”. Karena dengan pengalaman menyelenggarakan event kita bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk mengagas sebuah acara. Sebenarnya, untuk bekal yang satu ini sudah kita miliki, karena sejak kita berada di bangku sekolah dan saat ada acara sekolah kita sering mengisi jajaran kepanitiaan. Paling tidak, kita sudah mengetahui prosedur mengelola suatu kegiatan dari penyusunan proposal sampai eksekusinya.

Ide

Suka tidak suka, perlu diketahui kalau bisnis EO adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan akan sebuah hiburan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas, jangan harap EO Anda akan dilirik masyarakat, yang mengingkinkan sesuatu yang instan namun berbobot.

Relasi

Yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah masalah klien/sponsor, kesuksesan bisnis ini tak jauh dari dukungan relasi bisnis, baik ituk dari lien atau pun sponsor. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membuka bisnis EO, lihatlah kembali apakah kita memiliki jaringan bisnis yang cukup.

Modal

Terakhir, yang harus kita persiapkan adalah modal usaha yang cukup, karena setiap usaha mutlak membutuhkan modal. Untuk bisnis EO, kita perlu menyiapkan uang untuk memenuhi keperluan-keperluan EO sehari-hari. Seperti, mengurus legalitas usaha (PT atau CV), dana untuk menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya telekomunikasi, dan lain sebagainya.

Related posts