Fasilitasi Cicilan Gratis Gapura Gandeng BNI - KPR dan KPA

Jakarta - Perusahaan pengembang properti Gapura Prima Group menggandeng Bank Nasional Indonesia (BNI) memfasilitasi cicilan kredit gratis untuk pemilikan rumah/apartemen (KPR/ KPA) selama lima tahun. "Kerjasama kedua perusahaan bertujuan untuk membantu meringankan masyarakat dalam mencicil kredit rumah atau apartemen," kata Direktur Utama Gapura Prima Group, Rudy Margono, di Jakarta, Rabu. Penandatanganan kesepakatan kerja bersama kedua perusahaan dilaksanakan pada Selasa (19/7) antara Direktur Utama Gapura Prima Group, Rudy Margono dengan Executive Vice President Bank BNI, Diah Sulianto.

Rudy mengatakan, hasil survey yang dilakukan Gapuraprima Group, kendala terbesar dalam kepemilikan properti saat ini adalah masih tingginya tingkat cicilan per bulan yang harus dibayar konsumen. "Namun dengan cicilan gratis selama lima tahun akan meringankan pembeli. Bagi pembeli yang angsuran KPR membutuhkan waktu 15 tahun, dengan fasilitasi ini cukup 10 tahun saja, lima tahun sisanya gratis," kata Rudy.

Lebih jauh, Executive Vice President Bank BNI, Diah Sulianto, mengatakan, kerja sama dengan Gapura Prima Group karena perusahaan tersebut memiliki komitmen yang baik dengan perbankan serta lokasi rumah dan apartemen yang ditawarkan sangat strategis dan menguntungkan.

Diah mengatakan, membeli rumah dan apartemen dalam jangka panjang sangat menguntungkan pertama harganya lebih murah dibandingkan di negara tetangga Malaysia dan Singapura. Selain itu, kenaikan harga di Indonesia tidak berlebihan menyesuaikan perkembangan pasar.

Rudy mengatakan, prospek sektor perumahan dan apartemen dalam jangka panjang juga sangat bagus dan tidak akan terpengaruh gejolak ekonomi mengingat seluruhnya dibiayai masyarakat melalui KPR/KPA, berbeda dengan tahun 1998 yang separohnya dibiayai bank.

Kemudian sistem pasar mortgage (surat utang) perumahan di Indonesia juga belum secanggih di Amerika Serikat. Ketika terjadi krisis tahun 2008 yang mengimbas ke sejumlah negara, properti di Indonesia masih aman.

Lebih jauh, Rudy Margono mengatakan, melalui program angsuran gratis, konsumen dapat memiliki rumah maupun apartemen dengan cepat serta tetap dapat mengatur keuangannya dengan baik. . Dia mengatakan, program tersebut akan di launching pada hari Kamis (21/7) di Cilandak Town Square ( CITOS) Jakarta Selatan, dengan target portfolio KPR/KPA program ini adalah Rp200 miliar.

Perusahaan, kata Rudy, akan memberikan kemudahan bagi calon pembeli dengan program one day aproval (persetujuan kredit akan diberikan pada hari itu juga) serta beragam hadiah menarik.

Unit properti yang dipasarkan melalui program tersebut cukup beragam, tersebar di lokasi strategis Gapura Prima di Jabodetabek, Bandung, Solo dan Bali, dengan kisaran harga mulai dari 100 juta rupiah hingga Rp3 miliar.

Untuk mendapatkan unit properti yang diidamkan, konsumen di pameran tersebut cukup membayar uang muka sebesar 10 persen yang dapat dibayar dalam 1 bulan. Jangka waktu kredit program tersebut minimal selama 15 tahun. Dengan Gratis Cicilan selama lima tahun, maka konsumen cukup mengangsur cicilannya selama 10 tahun.

Rudy Margono memaparkan, kerja sama dengan BNI merupakan inovasi berkelanjutan yang dilakukan Gapuraprima Group dengan sektor perbankan dalam mempermudah konsumen untuk memiliki properti.

Sebelumnya, Gapuraprima Group telah meluncurkan program khusus berupa kepemilikan rumah dan apartemen tanpa uang muka dan bunga nol persen selama satu tahun.

Melalui kerja sama ini, Gapura Prima memberikan subsidi berupa keringanan uang muka, sedangkan BNI memberikan subsidi angsuran gratis dan bunga tetap untuk satu tahun pertama 8,25 persen atau 8,5 persen untuk dua tahun pertama. Umumnya, perbankan menawarkan bunga tetap 9 persen untuk dua tahun pertama, jelas Diah.

Rudy mengatakan, konsumen dapat memilih unit yang sudah siap huni (ready stock) maupun indent menunggu unit yang masih dalam proses pembangunan.

Jumlah unit rumah dan apartemen yang akan dipamerkan dalam ajang tersebut mencapai 500 unit rumah serta 250 unit apartemen yang tersebar di berbagai lokasi.

Rudy mengatakan, pihaknya optimis membukukan penjualan Rp200 miliar dari konsumen yang akan hadir nantinya mengingat kini adalah saat yang tepat dalam membeli properti, baik untuk ditempati maupun sebagai portofolio investasi.

Hal ini, menurut dia, salah satunya dipicu oleh masih tingginya backlog antara pasokan dengan permintaan perumahan yang mencapai 400 ribu unit per tahun, serta tingkat suku bunga simpanan perbankan yang relatif sangat rendah.

Gapura Prima Grup merupakan pengembang properti telah mengembangkan lebih dari 30 proyek dalam kurun 30 tahun yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Solo dan Bali.

Sejumlah properti yang dikelola, di antaranya, Belmont Residence Kebon Jeruk (Jakarta Barat), The Bellezza Permata Hijau (Jakarta Selatan), Apartemen Kebagusan City (Jakarta Selatan), GP Plaza Gatot Subroto (Jakarta Selatan), Bellagio Residence Kuningan (Jakarta Pusat), Bellagio Mansion Kuningan (Jakarta Pusat), Best Western Serpong (Tangerang), Green Leaf Residence (Tangerang), Taman Kota Bekasi, Emerlard Spring Bekasi, Taman Raya Bekasi, Bukit Cimanggu City (Bogor), Depok Maharaja, Bukit Rivaria (Sawangan, Depok), Metro Cilegon (Banten), Solo Paragon (Solo), dan Sun Heritage Sunset rd (Bali).

Rudy mengatakan, Gapura Prima optimis dapat mencapai penjualan Rp120 miliar per bulan, sehingga target Rp1 triliun tahun 2011 dapat tercapai.

BERITA TERKAIT

PKL dan Angkot di Stasiun Bekasi

Beberapa waktu yang lalu, pernah ada bantuan pasukan Brimob dari Polda Metro Jaya membantu menertibkan angkot yang parkir dan ngetem…

Pancasila Memang Benar-benar Sakti dan Teruji

  Oleh : Ricky Rinaldi, Peneliti Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia (LSISI)   Memperingati momen kesaktian Pancasila merupakan agenda tahunan…

Elektronisasi Ancam Pekerja Tol dan Perbankan

Oleh: Adi Lazuardi Parman, sebut saja begitu namanya, tampak asyik menawarkan kartu elektronik dari sebuah bank plat merah di depan…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Ancaman Serangan Siber ke Industri Keuangan Meningkat

    NERACA   Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso mengingatkan ancaman serangan siber terhadap sistem…

BTN Siapkan 2.000 Unit Apartemen di Kawasan Undip

      NERACA   Semarang - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggelar kemitraan dengan Ikatan Keluarga Alumni Universitas…

Bank Mandiri Incar Fintech Potensial

      NERACA   Jakarta - Bank Mandiri berkomitmen untuk terus mengembangan industri kreatif di tanah air untuk menciptakan…