Tingkatkan Kecintaan Lingkungan Pada Anak - Sharp Eco Study

NERACA

PT Sharp Electronics Indonesia ( SEID ) tidak pernah berhenti untuk terus meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan kepada anak-anak Indonesia. Salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) nya yaitu ’Sharp Eco Study – Pendidikan Dini Mengenal Lingkungan dan Perbanyakan Tanaman’, Sharp mengajak anak-anak Indonesia mengenal lebih dekat kekayaan keanekaragaman hayati asli Indonesia dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan di antara mereka sejak dini.

Indonesia merupakan negara terkaya kedua di dunia akan keaneragaman hayatinya, beberapa tanaman dan hewan telah menjadi jenis langka yang wajib dipelihara dan dijaga pelestariannya. Kebun Raya Bogor menjadi salah satu kebun raya yang memiliki koleksi tanaman terlengkap di dunia dan menjadi pusat penelitian untuk tumbuhan tropika. Bersama Kebun Raya Bogor – LIPI, Sharp memberikan pendidikan lingkungan dan pengalaman belajar mengenai ekosistem dan tumbuhan secara langsung di tempatnya.

”Melalui kegiatan ini, Sharp ingin turut berpartisipasi dalam membantu melestarikan kelangsungan dari keanekaragaman hayati Indonesia. Salah satunya dengan cara memberikan pemahaman kepada anak-anak Indonesia akan arti pentingnya keanekaragaman hayati bagi kelangsungan hidup dibumi,” ungkap Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Masahito Matsumura.

Belum lama ini Sharp mengajak siswa-siswi dari SDN Rawaterate 02 Petang, Pulogadung Jakarta Timur ke Kebun Raya Bogor. Anak – anak ini diberi pengetahuan bagaimana caranya melakukan praktek perbanyakan tanaman, penelitian, pemantauan pertumbuhan dan identifikasi jenis tanaman dengan cara yang sangat menyenangkan.

“Sharp Eco Study ini merupakan program yang sangat baik sekali, kegiatan ini mampu membuka wawasan siswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan bagi kehidupan mahkluk hidup, selain itu Sharp Eco Study juga merangsang mereka untuk melakukan tindakan nyata dalam bidang konservasi keanekaragaman hayati, baik di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal mereka, Kami selaku pengajar sangat menerima baik kegiatan seperti ini, karena memberikan kesempatan anak-anak belajar diluar kelas dan mendapatkan tambahan ilmu di luar pelajaran sekolah,” kata Kasmat, kepala Sekolah SDN Rawaterate 02 Petang.

Kegiatan Sharp Eco Study ditutup dengan melakukan kegiatan field trip keliling Kebun Raya dan museum Zoology untuk belajar mengidentifikasi nama dan jenis tumbuhan dan hewan.

“Kami dari PKT Kebun Raya Bogor sangat menghargai kegiatan Sharp Eco Study karena membantu kami dalam menyebarkan informasi mengenai lingkungan dan kenekaragaman hayati kepada masyarakat luas, kami berharap Sharp dapat menularkan semangatnya kepada pihak swasta lainnya untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran cinta lingkungan pada anak-anak,” Ungkap Kepala Sub Bagian Jasa dan Informasi Kebun Raya Bogor-LIPI Sofi Mursidawati.

PT SEID pun berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi anak – anak Indonesia dan mampu meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga lingkungan hidup bagi pelestarian keanekaragam hayati sebagai salah satu investasi bagi kehidupan yang lebih baik dan hijau di masa yang akan datang.

Related posts