Jakarta Night Festival - Hadirkan Hiburan Di Malam Pergantian Tahun

Jakarta memang kota yang tidak pernah sepi, khususnya saat malam pergantian tahun. saat malam pergantian tahun, Jakarta menjadi kota yang tidak pernah sepi, tidak pernah sepi dari pendatang dan tidak pernah sepi dari berbagai hiburan yang diberikan pemerintah maupun swadaya masyarakatnya. Dibeberapa titik, saat pergantian tahun Jakarta memang menjadi kota yang cukup sepi, namun dibeberapa titik lainnya dijakarta menjadi tempat yang sangat ramai.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta sendiri dikabarkan akan kembali menyelenggarakan Jakarta Night Festival atau JNF pada malam pergantian tahun baru, 31 Desember 2013, di seputar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.Tidak hanya disekitar atau diseputar Bundaran Hotel Indonesia saja, namun beberapa panggung hiburan dikabarkan akan digelar disepanjang jalan menuju Bundaran Hotel Indonesia.

Meski dikabarkan acara tersebut akan terfokus di beberapa titik di Jakarta, namun masih dirahasiakan. Pemprov DKI dikabarkan akan membuat sebuah kejutan tepat di malam pergantian tahun. Seperti malam-malam pergantian tahun sebelumnya, Bundaran Hotel Indonesia memang menjadi pusat perayaan malam pergantian tahun, disinilah biasanya pesta kembang api diadakan.

Namun tidak hanya berpusat di Bundaran Hotel Indonesia saja, beberapa titik dijakarta pun dipadati oleh masyarakat Jakarta yang ingin merayakan malam pergantian tahun, seperti Monumen Nasional atau biasa disebut Monas. Monas memang menjadi salah satu tempat yang tidak pernah sepi saat malam pergantian tahun tiba, disini masyarakat Jakarta dan bahkan dari luar Jakarta berkumpul dan bersantai sambil berfoto-foto dan menunggu malam pergantian tahun yang diramaikan oleh pesta kembang api.

Selain di Monas, Ancol juga menjadi tempat favorit masyarakat Jakarta dan luar Jakarta dalam melewati malam pergantian tahun. Tidak hanya di Bundaran Hotel Indonesia saja beberapa panggung hiburan disuguhkan oleh pemerintah, dikedua tempat ini Monas dan Ancol pun dihadirkan beberapa panggung hiburan rakyat yang ikut diramaikan oleh beberapa artis ibu kota. Namun acara puncaknya adalah tetap pesta kembang api.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun akan menyediakan angkutan malam hari (amari) pada perayaan malam tahun baru mendatang dengan mengoperasikan bus TransJakarta koridor 1 Blok M-Kota dan koridor 9 Pinang Ranti-Pluit. Pengoperasian amari untuk mempermudah masyarakat pulang ke rumah masing-masing setelah perayaan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.Bus TransJakarta di dua koridor itu akan beroperasi mulai pukul 24.00 hingga 05.00 WIB.

Konsep acara JNF atau yang populer disebut malam muda-mudi Jakarta tersebut dirahasiakan lantaran terkait dengan pihak ketiga. Terlebih, konsep tersebut belum dipaparkan di depan Jokowi. Namun konsep acaranya tidak jauh berbeda dari tahun kemarin, pada tahun ini acara hanya digelar mulai dari Dukuh Atas hingga Jalan Thamrin.

Menghindari keramaian dan kemacetan hingga pejalan kaki susah berjalan, dikabarkan pihat Pemprov akan lebih menata pedagang kaki lima yang berjualan, khususnya di titik keramaian, misalnya di Bundaran HI, Monas, atau Dukuh Atas. Hal itu dilakukan guna memperluas area pengunjung berlalu-lalang tanpa harus bertabrakan dengan PKL.

Pada tahun ini sendiri, Pemprov DKI menganggarkan sekitar Rp 1 miliar dalam acara berbasis kesenian dan kebudayaan tersebut. Namun, jumlah tersebut belum termasuk dana dari sponsor. Pemprov DKI berharap kesuksesan JNF tahun lalu bisa terulang lagi di tahun ini, bahkan Pemprov DKI memprediksi acara tahun ini akan jauh lebih meriah.

Related posts