Rio Saputro Raih Juara - Kejurnas Drifting 2013

NERACA

Putaran keempat Kejurnas Drifting 2013 yang digelar di Parkir Barat JI Expo, Kemayoran berlangsung seru dengan antusiasme peserta yang meningkat. Diiringi dengan cuaca yang cerah dan terik Rio Saputro berhasil raih juara.

Putaran keempat Kejurnas Drifting kali diawali dengan babak kualifikasi. Para peserta dari kategori Pro, Rookie, dan Drift Star mendecitkan ban mobil mereka di lintasan, di bawah penilaian juri, Dika CH, Dean Zen, dan Fredrick MH. Empat aspek yang dinilai oleh para juri adalah Speed, Angle, Line, dan Style.

Dari 24 peserta dari total 31 peserta dari kategori Pro dan Rookie berhasil lolos ke babak 32 Besar, dengan Rio Saputro mencatat nilai tertinggi. Rifat Sungkar dan Amandio yang tergabung dalam Speedy Drift Team berhasil lolos babak kualifikasi dan mencatat hasil yang baik, meskipun masih memacu kendaraan dengan hati-hati.

Setelah lolos babak kualifikasi, 24 peserta dari kategori Pro dan Rookie melanjutkan pertandingan ke babak 32 besar dan selanjutnya dengan skema pertandingan Tandem, dimana dua peserta akan diadu kemampuannya dan berjalan bersamaan sebanyak dua kali putaran ataurun.

Di putaran ataurunpertama, salah satu peserta akan menjadi Leader dan peserta satunya akan menjadi Chaser yang bertugas mengikuti Leader. Di putaran ataurunyang kedua, posisi Leader dan Chaser akan ditukar.

Pada putaran final, banyak para peserta dari kategori Drift Star memperlihatkan bakat-bakat yang menjanjikan. Setelah melalui babak8 besar, 4 besar dan babak final untuk kategori Drift Star, Ajie Priambodo Buntoro keluar sebagai juara pertama untuk kategori Drift Star di putaran keempat Kejurnas Drifting 2013 ini, diikuti dengan sengit oleh Ronny Handayana pada juara kedua dan Ricko Nugraha sebagai juara ketiga.

Babak 32 besar dan babak 16 besar untuk kategori Pro dan Rookie berlangsung sengit dan seru. Tidak sedikit pula peserta yang mengalami gangguan mesin, bahkan pertandingan sempat terhenti sementara di babak 16 besar karena Bimo Andotama, peserta dari kategori Pro dengan nomor kendaraan 23, terpaksa berhenti karena menabrak tembok pembatas. Bimo berhasil selamat tanpa cedera yang berarti.

"Saya sangat senang dengan antusiasme para peserta di putaran keempat kali ini. Berkat kerja keras dari I-Drift, sebagai komunitas drifting di Indonesia, putaran keempat kali ini berjalan dengan baik," ujar Rifat Sungkar dari Speedy Drift Team. Rifat mengaku puas dengan hasil kali ini, meskipun tidak menang. Yang menjadi kemenangan terbesar bagi dia adalah menyaksikan juniornya yang berhasil mengungguli dirinya.

Di babak Final, Dio berhadapan dengan Rio Saputro, yang berhasil mengungguli Danny Ferdito. Berlangsung singkat dengan perbedaan yang tipis, Rio Saputro, atau biasa akrab disapa Rio, berhasil mengungguli Dio dan keluar sebagai juara pertama putaran keempat Kejurnas Drifting 2013, dengan nilai total 92, diikuti oleh Dio sebagai juara kedua dengan nilai total 88, dan Dido sebagai juara ketiga dengan nilai total 86.

"Di putaran kali ini, saya menggunakan mesin cadangan. Jadi, saya sempat khawatir dan lebih fokus kepada kondisi mobil saya. Saya tidak menyangka akan menang, dan saya bersyukur dapat kembali menjadi juara di putaran kali ini. Saya ingin mempersembahkan kemenangan saya kali ini untuk papa saya yang sedang berulang tahun," ujar Rio Saputro setelah menyelesaikan putaran keempat Kejurnas Drifting.

Related posts