BCA Dukung Pelestarian Wayang Indonesia

NERACA Jakarta - Sebagai bentuk Komitmen terhadap pelestarian Wayang Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk bersama Union Internationale de Marionette (UNIMA) bertujuan untuk memperkenalkan wayang Indonesia ke masyarakat luas.“Tidak hanya masyarakat Indonesia, namun kami juga ingin mempublikasikan potensi, keindahan dan betapa berharganya wayang sebagai warisan budaya Indonesia,” kata Komisaris Independen BCA, Cyrillus Harinowo di Jakarta, akhir pekan lalu.

Lebih lanjut dia menjelaskan, program televisi saat ini memang kurang memberikan pemahaman terhadap budaya dalam negeri. “Sehingga generasi muda itu lebih paham kepada budaya dari barat, sebenarnya pesan moral yang terkandung di pewayangan itu tinggi sekali, kalau ini tidak diperhatikan maka generasi muda Indonesia bias menjadi pasif, karena itu kami sangat mendukung pengembangan wayang,” kata dia.

Sementara itu, Presiden UNIMA Indonesia, T.A Samodra Sriwidjaja mengatakan, dalam sarasehan yang bertema “Mengajak Generasi Muda Mencintai Kebudayaan Tradisional” ini, UNIMA Indonesia ingin meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap budaya Indonesia khususnya wayang. Saat ini krisis wayang terletang pada krisis penontonya khususnya generasi muda.

Samodra menjelaskan, acara ini lahir karena keprihatinan UNIMA Indonesia akan minimnya generasi muda yang mengenal dan mencintai wayang. “Kami berharap melalui sarasehan dan pertunjukan Wayang Kampung Sebelah generasi muda dapat mulai mengenal, mencintai, dan menjaga warisan budaya Indonesia.” Tambah dia.

Menurut Sekretasis Perusahaan BCA, Inge Setiawati, dukungan perseroan terhadap perwayangan Indonesia ini bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya, BCA juga telah berpartisipasi dalam acara Bali Puppetry Festival & Seminar 2013 yang menghadirkan pertunjukan dari berbagai negara.

Selain itu, BCA juga turut serta mendukung Wayang World Puppet Carnival 2013 yang merupakan festival wayang bertaraf internasional. Dalam rangkaian acara ulang tahunnya yang ke-56, BCA telah menyelenggarakan pameran dan perlombaan fotografi bertajuk “World of Wayang 2013” yang diikuti lebih dari 700 peserta. Konsistensi BCA mengembangkan kemajuan budaya Indonesia terbukti berhasil mendatangkan seniman, penikmat seni, dan cendekiawan manca negara.

UNESCO telah menetapkan wayang sebagai warisan budaya dunia pada tanggal 7 November 2003. Wayang mejadi suatu karya dan budaya yang mengagumkan dalam cerita narasi, warisan yang indah dan berharga, serta mencerminkan sikap solidaritas, sifat rohani, dan bersahabat dengan alam. “Inilah yang menjadi alasan BCA senantiasa mendukung pelestarian wayang Indonesia, yaitu untuk memastikan warisan budaya bangsa ini tetap terpelihara dan hidup,” tandasnya. [sylke]

Related posts