Proyek Komersial Jadi Andalan Metropolitan Land

NERACA

Jakarta- Untuk mengejar target pertumbuhan kinerja di tahun depan, proyek-proyek komersial menjadi andalan bagi pengembang properti. Sebut saja, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA). Selain mengembangkan beberapa proyek residensial di beberapa wilayah, perseroan optimis pengembangan proyek komersial, seperti pusat perbelanjaan dan hotel masih akan dapat mengalami pertumbuhan positif di tahun depan.

Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk, Nanda Widya mengatakan, kontribusi recurring income akan mengalami peningkatan pada tahun 2014 seiring dioperasikannya pusat perbelanjaan, Grand Metropolitan, dan beberapa proyek komersial baru lainnya. “Hingga saat ini dari total area yang disewakan, sebesar 92% telah tersewa dan sekitar 70% telah membuka gerainya,” kata Nanda Widya dalam keterangan persnya di Jakarta, pekan kemarin.

Diketahui, pusat perbelanjaan yang baru dibuka ini memiliki area seluas 49.343 meter persegi. Tarif sewa yang dipasang berkisar antara US$ 50-US$ 55 per meter persegi, 20% di atas rata-rata mal yang berada di wilayah Bekasi. Targetnya, dengan adanya pengembangan proyek komersial, porsi pendapatan berulang terhadap total pendapatan di tahun depan dapat bertambah menjadi 9%-10%.

Selain perolehan dari operasi Grand Metropolitan, menurut dia, meningkatnya recurring income perseroan juga diperoleh dari beberapa proyek komersial baru lainnya, seperti Metland Hotel Cirebon, Horison Bekasi extension, dan M-Gold Tower. “Metland tengah merampungkan proyek Metland Hotel Cirebon yang akan segera beroperasi di Januari 2014.” ujarnya.

Metland Hotel Cirebon yang tengah dibangun tersebut, kata dia, merupakan hotel bintang tiga yang berlokasi strategis di pusat Kota Cirebon, sekitar 200 meter dari Stasiun Kereta Cirebon. Terlebih, kebutuhan kamar di Kota Cirebon semakin meningkat seiring dengan bergeliatnya Kota Cirebon sebagai tujuan pariwisata dan bisnis. Sementara untuk proyek M-Gold Tower, gedung apartemen dan perkantoran strata di Bekasi saat ini masih dalam tahap pembangunan. Termasuk adanya rencana penambahan sebanyak 102 kamar di Hotel Horison Bekasi.

Dia menyebutkan, beberapa proyek residensial yang telah digarap perseroan di wilayah Jakarta antara lain Metland Menteng, Metland Tambun, Metland Transyogi, Metland Cileungsi, Metland Cibitung serta Metland Puri. Adapun rencana proyek baru perseroan yang telah masuk dalam agenda adalah pengembangan Metland West City, pembangunan Metland Hotel Lampung serta mal Metropolitan Cileungsi. “Metland West City akan segera dipasarkan setelah pekerjaan persimpangan (interchange) yang menghubungkan jalan tol Jakarta-Tangerang dengan lokasi proyek rampung dibangun.” tuturnya.

Sekadar informasi, hingga Oktober 2013, emiten pengembang properti ini mencatatkan marketing sales sebesar Rp765 miliar atau meningkat 35% dibandingkan Oktober 2012 sebesar Rp567 miliar. Penjualan residensial dan strata masih mendominasi penjualan marketing sebesar Rp565 miliar diikuti dengan pendapatan berkelanjutan (recurring income) sebesar Rp200 miliar. (lia)

Related posts