Garda Oto Raih Customer Loyalty Award 2013

NERACA

Jakarta - Di penghujung tahun 2013, Garda Oto kembali membuktikan diri sebagai asuransi mobil terbaik di Indonesia dengan meraih Customer Loyalty Award 2013 untuk kategori asuransi mobil. Acara ini diselenggarakan oleh majalah SWA dan Hachiko sebagai Net Promoter Consultant.

Untuk ke empat kalinya, Garda Oto, yang diwakili Mustika Wulandari selaku Service Management Head Asuransi Astra, menerima penghargaan tersebut. Survei yang dilakukan tahun ini menjaring 4.013 responden yang berusia 15 – 55 tahun dari SES A hingga E di tujuh kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar. Ada pun, kategori merek yang disurvei tahun ini sebanyak 40 merek.

Survei Customer Loyalty ini merupakan gabungan dari hasil survei Net Promoter Score (NPS) dan survei turunannya Net Emotional Value (NEV) yang bertujuan mendeteksi pelanggan yang benar-benar merasa puas sehingga mereka memiliki kencenderungan melakukan pembelian kembali (repeat purchase) dan menjadi promoter sebuah merek.

Adapun turunannya, survei NEV, bertujuan mendeteksi pengalaman mana yang paling mengesankan (menyentuh emosi) sehingga memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Survei NPS akan mendeteksi seberapa besar pengalaman yang dirasakan pelanggan (responden yang disurvei) yang diukur dengan skala 1-10. Skor berskala 1-10 bisa diartikan dari 1 yang berarti “sama sekali tidak merekomendasikan” atau Detractor sampai 10 yang berarti “amat sangat merekomendasikan” atau Promoter.

Angka NPS diperoleh dengan mengurangi persentase Promoter dengan persentase Detractor. Dari survei tersebut, Garda Oto menjadi NPS leader dengan mendapat NPS sebesar 6,67% dan menjadi NEV leader dengan nilai NEV sebesar 6,924 atau yang terbaik di industri.

“Garda Oto selalu menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal yang utama dalam setiap pelayanan, sehingga hubungan dengan pelanggan berlangsung dengan baik dan saling menguntungkan. Hal ini yang terus kami pegang dari dulu,” demikian Mustika Wulandari di Jakarta, kemarin. [ardi]

Related posts