CIMB Niaga Raih Predikat “The Most Trusted Company”

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk berhasil meraih penghargaan dari ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) Award 2012 yang diselenggarakan pada 2013 oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerjasama dengan Majalah SWA, Senin (16/12). CIMB Niaga memperoleh predikat “Sangat Terpercaya (The Most Trusted Company)” bersama 11 perusahaan lainnya dari beragam sektor usaha.

Mengambil tema “GCG dalam Perspektif Pengetahuan” di mana CIMB Niaga menuangkannya dalam makalah yang berjudul: “Knowledge Management Dalam Pengembangan Branchless Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk Sebagai Implementasi Good Corporate Governance”, keputusan pemenang diambil berdasarkan empat tahapan.

Pertama, self assessment melalui pengisian kuesioner oleh organ perusahaan serta melibatkan stakeholders, yaitu untuk menilai sejauh mana pelaksanaan konsep Good Corporate Governance (GCG) di CIMB Niaga. Kedua, kelengkapan dokumen yaitu pemeriksaan terhadap dokumen perusahaan terkait dengan implementasi GCG. Ketiga, penilaian makalah yaitu dilakukan penelaahan paparan informasi perusahaan terkait GCG, dan keempat observasi, yaitu tinjauan langsung kepada perusahaan oleh Tim Penilai IICG.

Adapun penilaiannya mencakup 11 aspek, yaitu komitmen, transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, keadilan, kompetensi, kepemimpinan, strategi, etika, dan manajemen pengetahuan.

Direktur Human Resources CIMB Niaga Harjanto Tanuwidjaja mengatakan, CIMB Niaga telah rutin mengikuti ajang ini sejak pertama kali digelar pada 2001, dan secara konsisten telah meraih sejumlah penghargaan.

“Tahun ini adalah untuk keempat kalinya secara berturut-turut CIMB Niaga berhasil meraih predikat tertinggi The Most Trusted Company. Kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan ini. Hal ini menjadi pengakuan dari pihak independen bagi CIMB Niaga yang dinilai telah berhasil menerapkan prinsip-prinsip serta pelaksanaan GCG di lingkungan perusahaan,” kata Harjanto di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, pelaksanaan GCG di CIMB Niaga telah diwujudkan dalam berbagai proses. Mulai dari proses rekrutmen, pembelajaran (knowledge management), performance evaluation, monitoring hingga evaluasi atas pelaksanaan kegiatan yang telah dijalankan. Beragam proses serta kegiatan yang dilakukan CIMB Niaga menjadi wujud konsistensi dalam menerapkan pelaksanaan GCG di setiap aktivitasnya.

“Sangat penting untuk menerapkan prinsip-prinsip serta pelaksanaan GCG dalam setiap aktivitas perusahaan. GCG menjadi penyeimbang dalam mencapai tujuan bisnis perusahaan,” terang Harjanto.

Harjanto menambahkan, penghargaan yang diraih kali ini menambah sejumlah penghargaan yang telah diraih sebelumnya. Belum lama ini, CIMB Niaga berhasil meraih penghargaan Annual Report Award 2012 – Peringkat Pertama Perusahaan Tercatat, kategori Private Keuangan Listed yang diselenggarakan Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Bursa Efek Indonesia (BEI), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kementerian BUMN Republik Indonesia, dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Akhir Oktober lalu, CIMB Niaga juga berhasil meraih The 5th IICD: Corporate Governance Conference and Award untuk kategori The Best Responsibility of the Boards 2013 dari The Indonesian Institute for Corporate Directorship. Penghargaan terbaru yang diraih CIMB Niaga datang dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) “Atas Kerjasama Yang Terjalin Dalam Mendukung Kegiatan Komisi Pemberantasan Korupsi”.

“Beragam prestasi yang kami raih akan menjadi penyemangat untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi ke depannya, serta meningkatkan kinerja CIMB Niaga dalam rangka memberikan nilai tambah kepada seluruh stakeholders,” tutup Harjanto. [rin]

Related posts