Bank Gencar Promosikan Kartu Kredit - TARGETKAN TRANSAKSI RP 25 TRILIUN PER BULAN

NERACA

Menjelang akhir tahun, bank penerbit kartu kredit mengadakan berbagai program khusus bagi pemegang kartu kredit. Diharapkan, program promosi bisa meningkatkan transaksi kartu kredit di akhir tahun.benarkah cara ini efektif? Berdasarkan track record dari data transaksi yang ada. Akhir tahun adalah momen dimana transaksi biasanya mengalami kenaikan.

General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), Steve Martha mengatakan, libur akhir tahun menjadi momentum menggenjot transaksi kartu kredit lewat program promosi. “Tahun depan diperkirakan transaksi kartu kredit meningkat menjadi Rp 25 triliun per bulan,” kata dia

Lalu, bank-bank mana saja yang telah memberikan promosi kartu kredit? Sudah ada beberapa bank yang memberikan penawaran kepada nasabahnya. Bank Rakyat Indonesia (BRI) misalnya, menggandeng pusat perbelanjaan Pacific Place dan Lamborghini Jakarta, meluncurkan program khusus bertajuk Crystal Christmas. Dalam program tersebut,nasabah kartu kredit BRI bisa menikmati penawaran khusus dari merchant-merchant yang ada di Pasific Place. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk mendapat hadiah, dimana hadiah utamanya adalah mobil Lamborghini seri Gallardo LP 550-2.

Muhamad Ali, Sekretaris Perusahaan BRI, mengatakan dengan menggunakan kartu kredit BRI, nasabah juga bisa menikmati berbagai penawaran khusus dari merchant yang ada di Pacific Place selama musim libur akhir tahun. Program khusus ini diharapkan bisa mendongkrak transaksi kartu kredit BRI. "Target pertumbuhan volume transaksi kartu kredit akhir tahun sekitar 26,7%," kata Ali.

Lain BRI, lain pula dengan Bukopin menggelar program promosi bertajuk Gemerlap Pesta Belanja, yang berlangsung hingga awal tahun depan. Melalui program itu, nasabah bisa memperoleh cashback hingga 43%.

Glen Glenardi, Direktur Utama Bukopin, mengatakan program tersebut diharapkan bisa mendorong peningkatan transaksi kartu kredit. Ia menargetkan, transaksi kartu kredit hingga akhir tahun bisa tumbuh 30%. Hingga September 2013, transaksi kartu kredit Bukopin mencapai Rp 2,5 triliun, dari 450.000 kartu kredit yang beredar

Sementara, bank OCBC NISP juga memiliki program promosi khusus bagi pemegang kartu kredit. Bekerjasama dengan Anantara Seminyak Bali Resort & Spa, OCBC NISP meluncurkan Al Fresco Dining Booklet. Irwan Sutjipto Tisnabudi, Division Head Unsecured Loan OCBC NISP, mengatakan tengah menjajaki kerjasama dengan beberapa calon mitra bisnis.

OCBC NISP lebih mengutamakan kerjasama dari sisi branding dan value added bagi pemegang kartu kredit NISP. Saat ini, rata-rata transaksi kartu kredit OCBC NISP mencapai Rp 130 miliar - Rp 140 miliar per bulan. Hingga akhir tahun, OCBC NISP menargetkan transaksi kartu kredit mencapai Rp 1,6 triliun.

Related posts