Indonesia Peringkat 15 Dalam Pola Hidup Sehat

NERACA

Beragam fakta penting yang ditemukan dalam survey AIA Healthy Living Index 2013 untuk Indonesia.

Indonesia mendapat skor 55 dari 100 dalam AIA Healthy Living Index 2013 dari survei yang diinisiasi AIA Group yang melibatkan lebih 10.000 masyarakat dewasa di 15 negara di wilayah Asia-Pasifik. Skor tersebut menempatkan Indonesia di tingkat terendah di antara 15 negara yang disurvei. Survei juga menunjukkan berbagai ancaman terhadap pola hidup sehat seperti keamanan makanan (food safety) dan polusi yang sangat dikhawatirkan oleh masyarakat dewasa Indonesia.

Chief Executive and President ofAIA Group Mark Tucker mengatakan, AIA sangat berkomitmen untuk membantu masyarakat di wilayah Asia-Pasifik untuk hidup lebih lama dan juga sehat. Dengan berinvestasi pada survei dengan cakupan luas di wilayah Asia-Pasifik.

Menurut Mark, AIA meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sejumlah faktor utama yang mempengaruhi kesehatan para masyarakat dewasa di wilayah ini, termasuk berbagai ancaman baru terhadap pola hidup yang kami temukan melalui survei tahun ini dan hal tersebut sangat menonjol di Indonesia.

Seperti halnya kebiasaan masyarat melakukan kegiatan pasif dalam melepas stres justru meningkatkan ancaman terhadap kesehatan. Pada tahun 2013, sebesar 63% masyarakat dewasa Indonesia mengatakan bahwa mereka berolah-raga secara reguler, dimana hal ini meningkat dari persentase tahun 2011 sebesar 57%.

Hal ini merupakan perkembangan yang positif, namun fakta tetap mengatakan bahwa 35% masyarakat dewasa Indonesia belum mengadopsi pola olahraga secara teratur. Demikian juga dengan jumlah waktu rata-rata yang dihabiskan untuk berolahraga setiap minggunya yang meningkat dari 2,1 jam per minggu di tahun 2011 menjadi 2,2 jam per minggu di tahun 2013.

Namun, hal ini masih berada 3 jam di bawah waktu rata-rata yang dihabiskan masyarakat di kawasan lainnya dalam berolahraga, dimana para ahli merekomendasikan adalah diatas 3 jam perminggu.

Salah satu aktor film Indonesia, Joe Taslim mengatakan, pola hidup sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan. Dengan kesibukan yang dijalani setiap hari tidak membuat saya lupa dengan berolahraga.

Sebagai atlet beladiri, Joe Taslim memiliki cara tersendiri dalam menjaga kebugaran tubuhnya. Bintang film Fast and Furious 6 ini selalu melakukan latihan fisik setiap hari. Namun apabila sangat sibuk, Joe mengaku hanya melakukan latihan beberapa jam saja.

“Olahraga lari menjadi pilihan yang tepat, karena tidak memerlukan banyak alat. Mengenai pola makan sehari-sehari kita cukup dengan makan secara teratur dan mengkonsumsi makan yang bergizi dan hindari mengkonsumsi makanan siap saji,” tutur Joe.

Sedangkan Ahli Gizi dari FKUI Dr. dr. Saptawati Bardosono mengatakan, gaya hidup sehat mencakup olahraga secara rutin. Namun, olahraga saja tanpa diimbangi dengan asupan nutrisi yang tepat dan istirahat cukup tidak akan mendatangkan manfaat maksimal untuk tubuh. “Yang terjadi saat olahraga adalah penghancuran sel-sel otot. Untuk membangunnya kembali Anda memerlukan nutrisi dan istirahat,” tuturnya.

Ia mengibaratkan tubuh layaknya sebuah bangunan. Untuk memperbaiki sebuah bangunan, diperlukan proses renovasi yang didahului dengan membongkar bangunan tersebut dan dilanjutkan dengan menyusun ulang bangunan itu dengan komponen-komponen yang lebih baik.

Related posts