Dekopinda Minta Pemerintah Tingkatkan SDM Koperasi - Kabupaten Sukabumi

Sukabumi - Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, meminta Pemerintah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi, baik dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS), maupun dari unsur masyarakat.

Ketua Dekopinda, Ruspandi kepada NERACA, Kamis (12/12), menyebutkan, pihaknya sangat miris melihat kenyataan di tubuh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) khususnya bidang Koperasi, yang hanya memiliki sedikit personil. “Hanya ada sedikit personil bidang koperasi yang memahami koperasi. Sehingga untuk melakukan pengawasan tidak maksimal,” ujar Ruspandi.

Ia menyebutkan, khusus peningkatan SDM, diperlukan pendidikan dan pelatihan bagi kader koperasi dari kalangan PNS. Sedangkan dari kalangan masyarakat umum, imbuh dia, perlu rekrutmen dengan fasilitas pemberian bea siswa. “Dulu program bea siswa bagi masyarakat sipil ada untuk mengikuti pendidikan di Institut Koperasi Indonesia (Ikopin),” ungkap dia.

Rekrutmen dengan pemberian bea siswa ini, ujar Ruspandi, yang perlu terus digalakkan. “Dengan adanya rekrutmen dari sipil dan adanya jaminan ikatan dinas, saya yakin koperasi khususnya di Kabupaten Sukabumi akan berkembang dan maju,” tukas dia.

Ruspandi mengatakan, koperasi Kabupaten Sukabumi terpuruk semenjak otonomi daerah diberlakukan. Imbas otda ini, kata dia, sangat terasa dari kurangnya peranan pusat untuk melakukan pembinaan. “Sebelum Otda, koperasi sangat berkembang dan menjadi primadona bagi pelaku ekonomi kecil. Namun dengan hadirnya otda, banyak jalur yang terpangkas. Kalau dulu, pusat memiliki peranan langsung melakukan pembinaan,” imbuh dia.

Related posts