KECELAKAAN LALU LINTAS - Pembunuh Terbesar Ketiga

KECELAKAAN LALU LINTAS

Pembunuh Terbesar Ketiga

Badan Kesehatan Dunia di bawah PBB, yaitu WHO (World Health Organization) menyimpulkan bahwa kecelakaan lalu lintas di Indonesia merupakan pembunuh terbesar ketiga setelah penyakit jantung koroner dan tubercolosis (TBC). WHO merilis pada 2011, sebanyak 67% korban kecelakaan lalu lintas adalah pada usia produktif, yaitu pada rentang usia 22-50 tahun.  

Sedangkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyebutkan, pada 2012 telah terjadi 109.038 kasus kecelakaan lalu lintas dengan 27.441 orang meninggal dunia. Polri menaksir, kerugian akibat kecelakaan lalu lintas ada di kisaran Rp 203 triliun – Rp 217 triliun, atau sekitar 2,9-3,1% Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Jika dibandingkan dengan tahun 2011, tingkat kecelakaan 2012 relatif menurun baik dari segi kasus maupun jumlah korban, yaitu 109.776 kasus dan 31.185 orang meninggal dunia.

Jumlah kecelakaan tersebut signifikan dengan pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor sebagai obyek pemicu kecelakaan lalu lintas. Pada 2002, penjualan mobil yang dicatat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencapai 317.748 unit.  Sepuluh tahun kemudian, 2012, angka penjualan mobil sudah mencapai 1,12 juta unit atau naik 12% tiap tahun.

Sedangkan data yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), tak kalah serunya. Pada 2002, terjual 2,3 juta unit sepeda motor berbagai merek. Lalu, pada 2012 sudah membengkak menjadi 7,1 juta unit.

“Kuncinya, ketika sarana prasarana dan infrastruktur transportasi belum memadahi, adalah bagaimana secara bersama-sama mengkampanyekan budaya tertib berllu lintas di jalan raya,” kata anggota Komisi V DPR Saleh Husin, kepada Neraca.

Saleh pun minta agar pemerintah mengutamakan pembanguan transportasi umum masal yang baik, nyaman, aman, dan terjangkau agar orang dapat beralih dari angkutan pribadi ke angkutan umum. Dia juga minta agar Wakil Presiden yang menggagas upaya mengatasi kemacetan di Jakarta konsekuen menjalankan program yang sudah ditetapkan, termasuk pembentukan Otoritas Transportasi Jabodetabek yang sejak September 2010 hingga kini belum juga diwujudkan.

Pada 20 Juni 2011, Wapres Boediono sudah mencanangkan program Dekade Keselamatan Jalan/DKJ (Decade of Action for Safety Riding) 2011-2020. Di Indonesia, program DKJ 2011-2020 dilakukan antara lain oleh Safety Road Association (RSA). Pemerintah menargetkan penurunan angka kecelakaan fatal hingga 50% pada 2020. PBB malah mematok target zero accident pada 2015. (saksono)

BERITA TERKAIT

Jurus Jitu Selamatkan UMKM

Jurus Jitu Selamatkan UMKM  Pelaku UMKM sebenarnya tidak membutuhkan subsidi bunga. Yang sangat mendesak diperlukan adalah penguatan modal untuk memulai…

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020 Dalam konteks masih terjadinya penularan dengan grafik yang masih naik, sejumlah pihak meminta pemerintah…

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah Strategi intervensi berbasis lokal, strategi intervensi untuk pembatasan berskala lokal ini penting sekali untuk dilakukan, baik…

BERITA LAINNYA DI

Jurus Jitu Selamatkan UMKM

Jurus Jitu Selamatkan UMKM  Pelaku UMKM sebenarnya tidak membutuhkan subsidi bunga. Yang sangat mendesak diperlukan adalah penguatan modal untuk memulai…

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020 Dalam konteks masih terjadinya penularan dengan grafik yang masih naik, sejumlah pihak meminta pemerintah…

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah Strategi intervensi berbasis lokal, strategi intervensi untuk pembatasan berskala lokal ini penting sekali untuk dilakukan, baik…