Melihat Feng Shui Warna Cat

Tanpa disadari, warna cat dalam sebuah hunian sesungguhnya memiliki fungsi yang cukup penting, terutama dalam menciptakan suasana yang menyenangkan. Warna cat hunian yang sudah kusam atau terlalu lama terkadang membuat suasana sebuah hunian menjadi sangat membosankan.

Dalam memadukan warna cat rumah, faktor keseimbanganlah yang paling utama untuk diperhatikan. Jangan sampai Anda menggunakan banyak warna pada hunian, karena hal tersebut dapat menyebabkan melelahkan, bahkan mati rasa yang berakibat memengaruhi Anda sekeluarga.

Diusulkan untukwarna cat rumah agar mengikuti perbandingan warna secara umum, yaitu 60-30-10. Contoh : 60 persen darikamar mandiatauruang dapur(biasanya tembok) sebaiknya menjadi satu pola warna. Warna kabinet atau mebel untuk 30 persen di antaranya. Dan 10 persen untuk aksen dan aksesori seperti tanaman, karya seni dan linen.

Disarankan pula untuk tidak mewarnai dapur Anda dengan warna-warna bernuansa buah jeruk. Karena dalam prinsip feng shui, warna oranye menambah selera makan. Kecuali kalau Anda mau gemuk, silakan menyapukan warna oranye. Setelah menentukan gabungan warna yang ingin Anda pilih, Anda juga mesti perhatikan sejumlah hal berikut ini.

Pertama,perhatikan kualitascat. Hal ini mungkin terdengar sepele. Namun, saat ini banyak sekali produk pewarnadindingyang berkualitas rendah. Cepat pudar dan warna mudah berubah meski dinding baru saja selesai dicat.

Penting diketahui, sebelum menentukan warna, sebaiknya Anda mengetahui terlebih duluwarna cat yang sedang tren.

Jangan lupa, pilih cat yang mengandung 100% acrylic dan tahan terhadap sinar ultraviolet. Cat tersebut juga harus ramah lingkungan. Dan, yang terpenting ciri-ciri cat yang baik adalah mudah diaplikasikan dan dibersihkan. Lebih baik lagi jika cat itu tidak meninggalkan bau selama dan sesudah pengecatan.

Selanjutnya, pilih warna yang menciptakan harmoni pada keseluruhan ruangan. Selaraskan warna denganfurnitur,lantaiatau karpet.

Ingat, warna yang dipilih secara tidak langsung menggambarkan suasana hati sang pemilik rumah. Sebagai contoh, warna merah menggambarkan energi, mobilitas, dan kehangatan. Warna putih menggambarkan kepolosan, kemurnian, dan kebersihan.

Perlu diperhatikan, pergantian warna dari satu ruang ke ruang lain sebaiknya mengalir. Maksudnya, hindari perubahan warna yang sangat kontras dari satu ruang ke ruang lain.

Jika Anda punya ide bagus dalam pemilihan warna maupun dekorasi, namun tidak usah mengerjakannya secara langsung, panggillah tukang yang memang sudah ahli dalam mengecat.

BERITA TERKAIT

Hotel Melihat Wisatawan Asal China Menjanjikan

Hotel Melihat Wisatawan Asal China Menjanjikan NERACA Jakarta - Direktur Operasi Plateno Group, Lynn Liao selaku manajemen hotel dengan jaringan…

Yamaha Luncurkan Warna Baru Perkuat Karakter Sporty Aerox

Menjelang akhir tahun 2018, Yamaha Indonesia meluncurkan warna baru untuk kendaraan skuter otomatic (skutik) Aerox 155 guna memperkuat karakter sporty…

Cat Taka Paints Hadirkan Duta Produk Baru

    NERACA   Jakarta - Produk Cat Taka Paints menghadirkan duta produk baru DR Florance White, sekaligus meluncurkan video-video…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Uang Muka Tinggi Dinilai Penyebab Milenial Sulit Punya Rumah

Uang Muka Tinggi Dinilai Penyebab Milenial Sulit Punya Rumah NERACA Jakarta - Head of Innovation and Strategy OCBC NISP, Ka…

Danamon Luncurkan Pembiayaan Properti Syariah

Danamon Luncurkan Pembiayaan Properti Syariah NERACA Balikpapan - Pameran produk perbankan syariah "Expo Perbankan Syariah IB Vaganza" Balikpapan menjadi kesempatan…

Survei Ungkap Hunian Dengan Konsep Berbagi Ruang Makin Digemari

Survei Ungkap Hunian Dengan Konsep Berbagi Ruang Makin Digemari NERACA Jakarta - Jones Lang LaSalle (JLL), perusahaan riset dan manajemen…