Pertumbuhan Ekonomi Kepri Diprediksi Enam Persen - Tahun Depan

NERACA

Batam - Wakil Ketua Komisi XI DPR, Harry Azhar Azis, memprediksi pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada 2014 mencapai enam persen, atau di atas prediksi pertumbuhan nasional. "Pertumbuhan ekonomi Kepri sedikit di atas nasional. Enam persen itu lebih baik," katanya, dalam seminar Outlook Perekonomian Kepri 2014, di Batam, Senin (9/12).

Prediksi pertumbuhan itu sedikit lebih baik ketimbang realisasi laju ekonomi Kepri 2013 yang masih sekitar lima persen. Menurut dia, laju pertumbuhan ekonomi Kepri didorong faktor konsumsi. Sedangkan faktor ekspor dan lainnya masih melemah. Selain itu, tahun politik juga mendorong laju pertumbuhan ekonomi Kepri, lanjut dia. Hal itu dikarenakan perputaran uang yang terjadi saat pesta demokrasi.

Belanja saat tahun politik diperkirakan akan menambah kontribusi belanja di Kepri sekitar satu sampai dua persen. Di atas nasional yang hanya berpengaruh di bawah satu persen. Di tempat yang sama, Staf Ahli Gubernur Kepri, Syamsul Bahrum, mengaku optimistis pertumbuhan ekonomi tahun depan meningkat. Dia memperkirakan pertumbuhan ekspor, juga penambahan investasi akan mendorong laju pertumbuhan ekonomi provinsi kepulauan itu hingga menyentuh delapan persen.

"Saya sangat optimis investasi di Kepri masih diminati di tengah berbagai gempuran. Mulai dari krisis global hingga unjuk rasa buruh yang kerap terjadi di Batam," tandasnya. [ant/ardi]

Related posts