Perawatan Pagar kayu

Sebagai garda terdepan pengaman hunian, pagar haruslah kuat dan kokoh. Karena kekuatannya mampu melindungi penghuni dari kejahatan. Tapi sayangnya, untuk menghadirkan pagar yang kokoh tidaklah mudah.

Maklum, pagar selalu terletak di bagian luar rumah, dan pasti akan terpapar secara langsung baik itu oleh panasnya matahari atau oleh derasnya hujan. Sontak, pagar yang semula dibuat begitu kokoh akan hancur secara perlahan.

Tak peduli bahan dasar pembuat pagarnya dari apa, baik itu dari besi ataupun kayu. Pagar besi saja, bisa cepat rusak apalagi untuk pagar dari kayu. Pasti akan mudah lapuk dan kemudian rusak kalau tidak dirawat dengan benar.

Pagar berbahan dasar kayu membutuhkan perhatian lebih besar dibandingkan pagar jenis lainnya seperti besi. Pagar kayu memiliki kelemahan yaitu mudah ditumbuhi jamur dan lumut. Akibatnya, kayu pun akan dengan mudah untuk lapuk kemudian hancur.

Nah, jika Anda ingin pagar kayu di rumah tahan lama, Anda harus dapat menyempatkan diri untuk merawatnya. Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat pagar kayu Anda, yaitu dengan menggunakan lapisan cat khusus kayu.

Lapisan cat tersebut akan melindungi pagar kayu dari terpaan cuaca secara langsung seperti panas dan hujan. Bila Anda ingin pagar kayu awet sekaligus terlihat natural, Anda bisa pilih cat kayu dengan hasil akhir transparan.

Ya, cat ini tidak menutup permukaan kayu dengan rapat sehingga warna dan serat kayu masih terlihat. Sekalipun disebut transparan, cat transparan ini juga dapat memberikan warna pada kayu. Hanya saja warnanya tidak seperti cat solid. Tetapi tetap, warnanya akan menghadirkan hunian dengan estetika tinggi.

Karena kayu menjadi salah satu material yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat pagar rumah. Dengan kenaturalannya, pagar kayu akan memberi sentuhan unik sekaligus etnik pada eksterior hunian Anda. Selain itu, material kayu juga memiliki kelebihan yaitu mudah dimodifikasi sesuai keinginan.

Pagar kayu bisa ditambahkan berbagai ornamen sebagai hiasan, dibuat wadah untuk berkembangnya tanaman rambat yang akan membuat eksterior rumah terlihat lebih sejuk dan menyegarkan.

Untuk membuat pagar dari material kayu, ada baiknya jika Anda menggunakan jenis kayu yang bersifat keras dan kuat. Sehingga, pagar kayu tak hanya memberi sentuhan indah penuh pesona tetapi juga mampu menjadi pelindung yang kuat bagi rumah dan pekarangan Anda.

BERITA TERKAIT

GMFI Raih Order Perawatan Pesawat Militer

NERACA Jakarta – Berkah selalu tampil di setiap pameran, PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI) kembali meraih kontrak…

KERAJINAN KACAMATA BERBAHAN KAYU

Perajin memproduksi kerajinan kacamata berbahan kayu di industri rumahan Nowis Handmade, Gemah, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (14/8). Kerajinan seharga Rp350.000-Rp500.000…

GMF Bidik Pendapatan Rp 22 Miliar Pertahun - Kontrak Perawatan Pesawat Citilink

NERACA Jakarta - Jalin kerjasama antar anak usaha Garuda Indonesia Group, PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk dan PT…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Pemerintah Perlu Awasi Ketat Aplikasi Digital Perhotelan

Pemerintah Perlu Awasi Ketat Aplikasi Digital Perhotelan NERACA Jakarta - Pemerintah perlu mengawasi lebih ketat aplikasi dan platform digital untuk…

Karakteristik Pasar Perumahan Ekspatriat Tidak Berubah

Karakteristik Pasar Perumahan Ekspatriat Tidak Berubah NERACA Jakarta - Konsultan properti Colliers International menyatakan bahwa karakteristik pasar perumahan untuk ekspatriat…

Perlu Adanya Pembenahan Regulasi Perumahan

Perlu Adanya Pembenahan Regulasi Perumahan   NERACA Jakarta - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta (Hipmi Jaya), Afifuddin Suhaeli…