Sejarah Hadirnya Wallpaper

Walaupun cat masih menjadi pilihan utama untuk melapisi tembok, wallpaper atau pelapis dinding pada kenyataannya mampu menciptakan nuansa keindahan dengan berbagai motif motif dan warna. Dari segi makna, wallpaper berarti kertas dinding. Dengan kata lain adalah pelapis tembok dengan motif indah.

Menghias dinding dengan warna sudah dilakukan orang-orang pada zaman dahulu, tak hanya berbahan dasar cat tetapi banyak pula yang menggunakan material lain di luar cat, tujuannya untuk membuat karakter ruangan menjadi lebih berseni dan memiliki nilai estetika tinggi.

Penggunaan kertas pada dinding pertama kali digunakan oleh kelas pekerja di Inggris. Saat itu, untuk pengganti material cat yang mahal. Penemunya adalah seorang berkewarganegaraan Perancis, Christophe-Philippe Oberkampf, dialah yang diketahui sebagai penemu mesin cetak wallpaper di tahun 1785.

Dari sana kemudian dilanjutkan olehLouis Robert yang pada saat itu menemukan cara untuk mencetak gulungan kertas dinding tanpa putus di saat yang bersamaan yang merupakan inovasi penting karena pada awalnya wallpaper ini biasa dibuat dengan lukisan tangan atau stensil.

Sementara di Indonesia, sebenarnya penggunaan wallpaper sempat menjadi tren di Indonesia pada 1980-an. Setelah itu, gaungnya menghilang dan kembali mencuat 10 tahun belakangan ini. Dengan kata lain, kini kertas dinding kembali diminati seiring pembangunan yang kian gencar.

Wallpaper biasanya banyak diaplikasi di dinding rumah, apartemen, hotel, cafe, restaurant, rumah sakit atau kantor. Saat ini, wallpaper telah menjadi model utama yang digunakan untuk memberikan gaya serta nuansa sebuah ruangan.

Tak pelak, industri wallpaper kian hari kian kencang. Kini, aneka wallpaper berbeda dalam standar kualitas. Wallpaper terbuat dari berbagai bahan dan dijual dalam satuan gulungan. Tidak ada spesifikasi khusus untuk penggunaan di rumah. Biasanya, wallpaper dibagi ke dalam kategori berdasarkan berat, komposisi dan ketebalan.

Sebagai elemen interior, wallpaper tentu memiliki keunggulan tersendiri. Warna dan corak yang beraneka ragam mampu menjadikan ruangan lebih cantik dan nyaman. Selain itu, dinding sebuah ruangan yang ditempel wallpaper akan menunjukkan identitas ruangan tersebut. Adanya wallpaper, suatu ruangan akan menghadirkan nuansa berbeda dari ruangan lainnya.

Intinya, banyak alasan orang melapisi dinding rumahnya dengan wallpaper. Meski demikian urusan memasangnya Anda juga tidak boleh sembarangan, karena akan berakibat pada hasilnya yang tidak maksimal.

BERITA TERKAIT

Alibabacoin Mencetak Sejarah dalam Dunia Cyrpto

Alibabacoin Mencetak Sejarah dalam Dunia Cyrpto NERACA Jakarta - Alibabacoin mencatat sejarah baru dengan terdaftar di 9 top platform exchange…

RI Tuan Rumah Tersukses dalam Sejarah Asian Games

  Oleh : Wahyu Kurniawan, Mahasiswa Universitas Lancang Kuning Pekanbaru   Pemilihan tuan rumah Asian Games ke-18 dilakukan melalui pemungutan…

Asian Games 2018 Festival Olahraga Penuh Sejarah

      Oleh : Muhamad Fahmi, Mahasiswa Universitas Riau   Jakarta dan Palembang mulai berias menyambut Asian Games 2018,…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…

Jajaki Gurihnya Usaha Jajan Martabak

Jajanan Martabak merupakan salah satu kudapan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Disajikan dengan berbagai varian rasa, martabak tak…