Kenali Gejala Stroke Sedini Mungkin - Upaya Mengurangi Risiko Kelumpuhan

NERACA

Sebagai salah satu rumah sakit yang menyediakan pengobatan penyakit stroke, Rumah Sakit Premier Jatinegara, di bawah naungan Ramsay Healthcare Indonesia, terus melakukan sosialisasi kepada pasiennya dan orang-orang terdekat.

Seperti baru-baru ini RS Premier Jatinegara menyelengarakan Seminar & Gathering Stroke yang merupakan agenda rutin setiap tahun. Miranti K. Dewi, marketing manager RSPJ mengatakan, tujuan utama RS Premier Jatinegaramenyelenggarakangatheringpasien adalah untuk menciptakan media komunikasi yang interaktif antara para pasien dan orang-orang di sekelilingnya, sesuai dengan semboyan dari RS Premier Jatinegara,people caring for people. “Karena tidak sedikit pasienstroke dan keluarga mendapatkan informasi yang salah mengenai pencegahan dan penangananstroke,” tuturnya.

Dalam acara ini, beberapa pasien unit Stroke RSPJ memberikan testimoni mengenai pengalaman mereka melawan stroke. Salah satunya adalah Agus Hartono, seorang pelukis yang terkena stroke dan berjuang keras untuk bisa melukis kembali setelah serangan stroke. Ternyata berkat tekad Agus Hartono dan dukungan unit Stroke RSPJ, dalam waktu delapan hari Agus Hartono berhasil melukis kembali.

Strokeadalahsuatu kondisi yang terjadi ketika pasokandarahke bagianotaktiba-tiba terganggu. Kurangnya aliran darahke dalam jaringan otak menyebabkan serangkaian reaksibiokimia, yang dapat merusakkan atau mematikansel-sel saraf di otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsisarafyang dikendalikan oleh jaringan itu.

Dr.Sukono Djojoatmodjo, SpS Spesialis Sarafmengatakan, strokedapat menyebabkan kematian. Walaupun dapat diselamatkan, banyak pasienstrokeyang mengalami kelumpuhan anggota badan, kehilangan sebagian atau semua ingatannya, penurunan kesadaran, maupun kehilangan kemampuan untuk berbicara.

Oleh karena itugathering strokeini juga bertujuanuntuk menyosialisasikan semboyan SeGeRa (Senyum, Gerak, Bicara) yang merupakan cara untuk mengenali tanda awal seranganstrokeagar dapat ditangani lebih dini dengan dampak paskastrokeyang minimal.

Menurut Miranti, RS Premier Jatinegara menyadari bahwa selainkualitas tenaga medis dan peralatan medis yang dimilikinya, dukungan semangat dan suasana positif seperti yang ada padagatheringdapat membantu proses penyembuhan pasienstroke.Gatheringini sendiri diharapkan dapat menjadi ajang bagi para pasien dan keluarganya untukberbagi pengalaman dan menguatkan satu sama lain.

“Meskipun memiliki harta berlimpah, seorang penderita Stroke akan kesulitan untuk memulihkan diri apabila ia tidak bisa menemukan tempat yang tepat. Kami percaya bahwa unit Stroke RSPJ adalah tempat yang tepat,” ujar Miranti.

BERITA TERKAIT

Indikator Ekonomi Makro 2020 Telah Pertimbangkan Risiko

      NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa indikator ekonomi makro yang akan digunakan…

Mitigasi Risiko - Emiten Terapkan Standar Akutansi Baru

NERACA Jakarta – Emiten Indonesia harus bersiap untuk mulai menerapkan standar akuntansi baru pada 1 Januari 2020 mendatang. Untuk itu,…

Narasi Kecurangan Upaya Deligitimasi Pemilu?

  Oleh : Risa Nasution, Mahasiswi IPB Penyelenggaraan Pemilu 2019 yang berlangsung lancar dan aman hingga saat ini perlu terus…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Batam Antisipasi Penularan Cacar Monyet dari Singapura

Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, mengantisipasi penularan virus cacar monyet atau monkeypox, setelah Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan penemuan penderita…

Cara Tepat Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa

Di bulan Ramadan, tubuh menahan haus dan lapar selama lebih dari 12 jam. Artinya, ketika berpuasa, tubuh tidak menerima asupan…

Agar ASI Tetap Lancar saat Bulan Ramadan

Memasuki bulan Ramadan, umat Islam harus beradaptasi dengan penyesuaian waktu makan. Utamanya, bagi ibu menyusui yang membutuhkan asupan demi air…