World Royal Heritage Festival 2013 - Wisata Sejarah Kerajaan

Wisata sejarah memang merupakan salah satu wisata yang sangat berbeda dengan wisata yang lainnya. Dengan wisata sejarah, pengunjung diajak larut dan merasakan hal yang terjadi pada zaman itu, selain berwisata, pengunjungpun diajak untuk mengenal lebih jauh dan yang terpenting pengunjung mendapatkan pengetahuan yang baru yang mungkin saja belum diketahui sebelumnya.

Museum menjadi salah satu tempat yang menarik untuk berwisata sejarah. Di sana pengunjung tidak hanya disuguhi oleh cerita saja namun ditambah peninggalan-peninggalan benda bersejarah lainnya. Indonesia merupakan Negara yang memiliki sejarah cukup panjang, dan karena itu Indonesia menjadi tujuan wisata sejarah dunia.

Di penghujung tahun 2013 ini, sejumlah acara menarik mewarnai Ibu Kota Jakarta. Salah satu yang berskala besar dan patut disaksikan adalah perhelatanWorld Royal Heritage Festival 2013. Festival ini diadakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada5-8 Desember 2013.

Kegiatan ini akan diikuti anggota Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) yang meliputi 169 Kerajaan/Kasunanan/Penglingsir, Kasunanan, Saoraja, Pura, serta Lembaga Adat. WRHT 2013 juga mengikutsertakan 11 kerajaan dari luar negeri, yaitu: Malaysia, Singapura, Filipina, Norwegia, Swedia, Jepang, Saudi Arabia, Oman, Brunei, United Kingdom, dan Denmark. Akan turut hadir pula pihak akademisi, pakar, serta pengamat dan pelestari budaya.

Festival ini akan menghadirkan kekayaan warisan budaya, kesenian, kuliner, benda pusaka, serta kerajianan dari kerajaan-kerajaan yang menjadi peserta. Kegiatan seperti workshop dan seminar turut memeriahkan festival ini.

Pengunjung juga akan disuguhi pawai pasukan kerajaan dari beberapa kerajaan di dunia, termasuk di Indonesia. Seluruh bentuk kegiatan di festival ini dilakukan di luar ruangan. Hal tersebut bertujuan agar warga Jakarta dan wisatawan mancanegara maupun domestik dapat menikmati festival tersebut secara gratis.

World Royal Heritage Festivaladalah upaya pemerintah DKI Jakarta yang bekerjasama dengan Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) untuk melestarikan budaya Nusantara khususnya keberadaan keraton. WRHF diharapkan dapat menumbuhkan kembali pemahaman pedoman hidup berbangsa sebagai satu kesatuan NKRI yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini juga sebagai bukti dari sejarah perjalanan kebudayaan dan peradaban masa lampau yang masih terjaga hingga kini.

Secara khusus penyelenggaraan World Royal Heritage Festival adalah demi menunjukkan kepada dunia tentang khasanah kerajaan dan adat di Indonesia. Sementara itu, fokus utamanya adalah membangun citra Jakarta sebagai ‘Kota Festival’ dan mendongkrak kunjungan wisata mancanegara ke Ibu Kota.

Related posts