Memulai Usaha Budidaya Ikan Gurame

Budidaya ikan gurame menjadi pilihan terbaik lantaran jenis ikan ini memiliki rasa daging nikmat dan gurih, sehingga dapat dipastikan jenis ikan ini akan banyak disukai konsumen. Soal bagaimana memulai usaha pun tidaklah sulit, tetapi yang jelas jika ingin berusaha di bidang ini Anda harus faham seluk beluk ikan gurame.

Modal yang harus Anda miliki untuk memulai usaha ini adalah persiapan lahan tanah untuk kolam. Tanah yang dipilih sebaiknya tanah yang cukup mengandung humus, jangan lupa pula akan bagaimana pasokan air yang tersedia. Karena dengan demikian dapat dipastikan kolam tidak akan mengalami kekeringan.

Selanjutnya adalah pemilihan jenis gurame atau yang sesuai selera Anda dan calon konsumen. Ada beberapa jenis ikan gurame, antara lain, gurame angsa, jepun, blausafir, paris, bastar dan porselen. Beberapa jenis kan gurame ini banyak diternakan di Jawa Barat khususnya di kabupaten Bogor.

Setelah itu, saatnya melakukan pembenihan. Benih ikan gurame dapat dipindahkan setelah mencapai umur sekitar 1 bulan. Bibit yang ideal bobotnya dapat mencapai 0,3 gram/ekor pada saat dipanen. Setelah itu, bibit siap dipindahkan ke kolam pembesaran.

Bila Anda merawatnya dengan baik, pemanenan hasil pembesaran ikan gurame dapat dilakukan setelah ikan berumur 2-4 tahun, saat itu ikan telah memiliki panjang sekitar 25 cm dan berat 0,3 kg/ekor. Sedangkan untuk ikan gurame yang berumur 3 tahun, umumnya memiliki panjang mencapai 35 cm dan beratnya sekitar 0,7 kg/ekor. Dan untuk gurame usia 4 tahun, panjangnya mencapai 40 cm dengan berat 1.5 kg/ekor.

Related posts