Lahirkan Teknisi Handal - Sharp Class “Share, Teach and Workshop”

NERACA

PT Sharp Electronics Indonesia kembali melanjutkan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang pendidikan dengan menggelar beragam kegiatan penunjang Sharp Class di SMK Al Kaaffah, Malang. Pogram bertajuk “Share, Teach and Workshop” merupakan salah satu agenda yang dilakukan oleh PT SEID selama Sharp Class berjalan.

Brand Strategy Group Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia Masahito Matsumura menjelaskan, program Sharp Class 'Share, Teach and Workshop' merupakan bentuk kontribusi nyata Sharp untuk mengajarkan siswa bagaimana menjadi seorang teknisi handal. Pada kesempatan ini Sharp berbagi pengalaman kepada para siswa dari Sharp Class tentang dunia seorang teknisi, mendonasikan peralatan praktek serta memberikan materi pengajaran dalam bentuk workshop dan praktek perbaikan produk.

“Sharp berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan menghasilkan teknisi muda yang terampil dan mumpuni yang mampu menjawab tantangan dunia kerja di masa depan,” kata Masahito, belum lama ini.

Dalam kegiatan ini para siswa diperkenalkan mengenai tugas dan tanggung jawab seorang teknisi, berbagi pengetahuan mengenai perbedaan teknologi LCD TV dan LED TV, melakukan praktek langsung dalam memperbaiki LED dan LCD TV, serta menggelar kuis interaktif yang bersifat edukatif.

Selain itu pada kesempatan yang sama Sharp juga menggelar kegiatan servis gratis dengan melibatkan langsung teknisi Sharp dan para siswa dari Sharp Class. Masyarakat di sekitar sekolah dapat membawa langsung produk Sharp untuk diperbaiki secara gratis dan mendapatkan diskon 50% untuk pembelian suku cadang.

Program Sharp Class diresmikan dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Sharp dengan SMK Al-Kaaffah pada tanggal 27 September 2012. Selanjutnya pada bulan Juni 2013, Sharp Class sukses berhasil meluluskan 40 orang siswa, dimana 15 orang siswa terbaiknya telah diterima bekerja sebagai karyawan Sharp pada bulan Juli 2013 yang terdiri dari 7 orang lulusan bekerja sebagai teknisi yang tersebar di seluruh Indonesia dan 8 orang sisanya bekerja di Pabrik Sharp Pulogadung.

Program Sharp Class dapat diikuti oleh siswa/siswi SMK Al Kaaffah dengan persyaratan minimal sudah duduk di kelas 3 atau telah menyelesaikan program studi tertentu yang dipersyaratkan dengan grade minimal kelulusan di SMK Al Kaaffah serta memiliki minat terhadap bidang elektronika.

Ke depannya, Sharp akan terus mengkaji beragam program lain dalam upaya meningkatkan mutu Sharp Class. Ini merupakan salah satu upaya Sharp mendukung pemerintah dalam menghasilkan generasi muda siap kerja sehingga mengurangi jumlah pengganguran di Indonesia.

Related posts