Toshiba Luncurkan TV Android Pertama di Indonesia

NERACA

Jakarta - Sebagai salah satu perusahaan raksasa di bidang teknologi, Toshiba kembali menghadirkan produk televisi dengan teknologi baru dengan dukungan sistem operasi Android, yang terwujud dalam Toshiba Pro Theatre L4300 series. "Perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup memengaruhi kebutuhan masyarakat akan teknologi. Alasan itu pula yang melandasi peluncuran TV LED Toshiba dengan sistem operasi Android yang sangat canggih," kata Jun Nishioka, Direktur Utama PT Toshiba Visual Media Network Indonesia, di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Kamis (28/11).

Menurut Jun, televisi anyar ini menawarkan penggunanya pengalaman untuk menikmati televisi dengan layar berukuran besar, 50 dan 39 inci, dan menawarkan kebebasan untuk mengunduh dan mengakses berbagai aplikasi (apps) di Google Play Store, ditambah dengan kualitas gambar yang suara yang sempurna.

"Dengan sistem operasi Android 4.2.1 Jellybean, pemilik televisi tak hanya bisa menonton tayangan dengan kualitas gambar yang baik, namun juga dapat melakukan browsing, berinteraksi di media sosial, bahkan menggunakan aplikasi user interface dari Google Play Store, seperti Drag & Drop Widget, ataupun Live Wallpaper," tambah Jun.

Peluncuran televisi yang dijual dengan kisaran harga Rp 14 juta untuk ukuran 50 inci, dan Rp 7 juta untuk ukuran 39 inci ini, kata Jun, didasari dengan makin bertambahnya jumlah pengguna Android di Indonesia. Terlebih, kata dia, kalangan penikmat televisi di tanah air juga terus meningkat jumlahnya.“Kami optimis, televisi ini dapat diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia yang menginginkan televisi dengan kualitas yang terbaik," kata Jun.

Dalam kesempatan yang sama, Bayu Murti Kencana Sinulingga, Marketing and Product Manager PT Toshiba Visual Media Network mengatakan, melengkapi kecanggihan televisi Android ini, Toshiba melengkapi L4300 dengan perangkat remote yang memudahkan pengguna melakukan navigasi.

Selain itu, ada juga fitur Toshiba dongle yang berperan sebagai penerima sinyal Wi-Fi, serta Screen Mirroring yang mengijinkan pengguna untuk memproyeksikan tampilan atau gambar, serta video, di gadget Android ke layar televisi."Tanpa mengesampingkan fungsi utama untuk menyediakan gambar berkualitas, televisi ini juga dilengkapi Intelligent Auto View, yang menyesuaikan ketajaman gambar dengan kondisi ruangan," tambah Bayu.

Beberapa waktu lalu Indonesia Cellular Show (ICS) 2013 menjadi tempat pamer produk bagi produsen elektronik lokal yang memiliki lini produk perangkat mobile. Untuk kategori ponsel pintar, kebanyakan produsen memilih untuk adopsi sistem operasi Android.

Bukan hanya sistem operasi, produsen lokal mulai meningkatkan spesifikasi perangkat keras agar produk mereka punya performa yang baik. Tak tanggung-tanggung, beberapa produsen memilih untuk membenamkan prosesor empat inti (quad-core) di ponsel pintar terbaiknya.

Namun, perlu diketahui, prosesor quad-core yang dipakai bukanlah tipe papan atas. Anda membutuhkan aplikasi penguji performa di Android seperti Antutu, untuk mengetahui performanya.Produsen lokal apa saja yang memiliki ponsel Android dengan prosesor quad-core? Berikut daftarnya sesuai pantauan KompasTekno di ICS 2013.

Axioo baru merilis PicoPa Perusahaan tidak merilis spesifikasi lengkap perangkat keras yang dipakai PicoPad 4. Perlu diketahui pula, saat ini PicoPad 4 bisa dipesan di ICS 2013 dengan harga Rp 2,7 juta, sementara produknya baru beredar di pasar.

Di sisi lain kesukesan sejumlah vendor pembuat laptop dalam menghadirkan tablet nampaknya mampu meluluhkan ketertarikan Toshiba untuk merilis produk serupa. Sebuah hasil uji benchmark yang beredar secara tidak langsung mengkonfirmasi rencana tersebut.Untuk tablet Toshiba dengan kode seri AT7, tablet tersebut terlihat menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean, prosesor 1,6 GHz dan RAM 1 GB. Kabarnya tablet terbaru Toshiba menggunakan layar 7 inci dengan resolusi 1.024 x 600 piksel.

Menurut salah satu supplier bahan baku asal Taiwan yang mengaku menerima pemesanan untuk produk tablet, tablet Toshiba dijadwalkan akan tersedia di pasaran pada kuartal ketiga (Q3) 2013. Jika menilik pada bocoran spesifikasi yang beredar tablet AT7 ditujukan untuk segmen mSayangnya dalam kesempatan tersebut supplier tidak memberikan bocoran harga tablet besutan Toshiba ini.

Namun diperkirakan Toshiba akan membanderol tablet AT7 dengan harga sekitar US $300 atau Rp 3 jutaan. Jika benar, ini berarti tablet tersebut akan lebih murah dari tablet Toshiba Excite 10 yang telah tersedia di pasaran.

Related posts