Janji Jokowi Siapkan waterway

Janji Jokowi Siapkan Waterway

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjanjikan untuk mengoperasikan transportasi air (waterway) sebagai alternatif bagi warga Marunda, Jakarta Utara yang hendak ke Muara Baru. Perlunya pengoperasian transportasi air itu sekaligus untuk mengurangi beban lalu lintas di jalan raya.

Menurut Jokowi, nantinya aka nada empat rute yang bakal dilalui perahu itu. Di antaranya adalah rute Duren Sawit (Jakarta Timur)- Marunda (Jakarta Utara), Ancol-Muara Baru (Jakarta Utara), dan Marunda-Muara Baru. Saat diuji coba nanti, armada itu digratiskan bagi warga. Jika sudah diresmikan, baru bayar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Udar Pristono menjelaskan, nantinya transportasi itu akan memanfaatkan aliran air di Kanal Banjir Timur (BKT) yang saat ini sudah membentang dari Duren Sawit hingga Marunda. Di sana, debit airnya cukup memadai untuk dilalui kendaraan air. Kita tunggu kapan janji itu direalisasikan.

Jauh sebelumnya, Dishub DKI pernah menguji coba waterway di Kanal Banjir Barat (KBB) pada Mei 2007 dengan menggunakan kapal motor (KM) Kerapu III dan IV, Keduakapal itu dipinjam dari trayek Marina-Kepulauan Seribu. Trayek waterway itu menghubungkan Manggarai/Pasar Rumput dengan Dukuh Atas yang b erjarak 3,6 km. Pemrakarsanya Gubernur DKI Sutiyoso.

Waterway sebetulnya merupakan bagian dari Pola Transportasi Makro (PTM) Jakarta. Waterway merupakan pengembangan transportasi umum selain busway, monorel, MRT, dan KRL. Jika berhasil, akan mirip di sungai Chao Praya, Bangkok.

Apa hasilnya? Uji coba hanya berjalan sepekan. Perahu melaju dengan kecepatan 8 knot mampu menempuh waktu 15 menit. Namun, setelah itu uji coba tak diteruskan. Alasannya, karena debit air di KBB tak memadai dan pasang surut serta adanya jembatan yang rendah, dekat dengan permukaan air. (saksono)

Related posts