Cara Mudah Budidaya Lidah Buaya

Dalam beberapa tahun belakangan ini, lidah buaya atau juga dikenal dengan sebutan aloevera telah berubah fungsinya, tak lagi hanya sebagai bahan dasar pembuat kosmetik dan sampo. Tetapi sudah bias dibuat beragam makanan olahan yang nikmat. Seperti dibuat jeli atau dodol, sontak peluang usaha budidaya lidah buaya semakin menjanjikan.

Ya, usaha pengolahan tanaman Lidah Buaya sebagai makanan olehan memang mulai marak di Indonesia setidaknya sejak lima tahun belakangan. Apalagi, untuk membudidayakan tanaman ini tidaklah sulit di bagi negara dengan iklim troipis macam Indonesia.

Karena daerah tropis seperti di Indonesia sangat cocok untuk menanam tanaman lidah buaya. Namun, hanya baru beberapa daerah saja yang kini tengah mengembangkan budidaya lidah buaya. Diantaranya seperti daerah Pontianak, Kalimantan Barat, Malang, Bali, dan Yogyakarta. Mereka membudidayakan lidah buaya untuk memenuhi pasar ekspor seperti ekspor ke negara Jepang.

Nah, karena melihat kebutuhan pasar ekspor yang besar tersebut, maka budidaya lidahbuaya menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Seperti diutarakan sebelumnya, membudidayakan lidahbuaya amatlah mudah.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan lahan untuk menanam liudah buaya. Siapkan lahan yang sudah dibajak. Kemudian buatlah saluran drinase agar tanaman tidak membusuk karena mendapat pasokan air berlebih.

Kemudian, langkah yang selanjutnya adalah melakukan pembibitan. Soal pembibitan lidah buaya dapat dilakukan dengan cara vegetatif. Atau mengambil bibit dari tanaman induk, berupa anakkan dengan cara mencabut hingga akar. Anakan yang telah dicabut ini kemudian ditanam dalam polibag. Lamanya masa pembibitan biasanya antara empat sampai lima bulan.

Langkah selanjutnya, setelah masa pembibitan mencapai waktu yang ditentukan, kemudian bibit tanaman lidah buaya ditanam dalam lubang berkedalaman kurang lebih 10 cm. Perlu diingat, pada saat penamanan dilakukan usahakanlah agar tanaman lidah buaya tidak berhimpitan. Karena itu, berilah jaraj ideal antara satu tanaman ke tanaman yang lainnya.

Langkah terakhir, lakukan pemeliharaan tanaman lidah buaya dengan cara memberikan pupuk kandang secukupnya dalam waktu 1-2 minggu sebelum ditanam. Kemudian, setelah setelah masa tanam kita dapat memberikan pupuk Urea. Sehingga tanaman lidah buaya dapat tumbuh dengan baik.

Tanaman ini masa panennya tergolong cepat, setelah melewati waktu 7-11 bulan dari masa pembibitan daun lidah buaya bisa petik. Memang untuk masa panen ini berbeda-beda, karena satu tempat dan tempat lainnya bisa berbeda kondisi tanah dan iklim.

Related posts