Apac Citra Centertex Kantongi Pinjaman US$ 5 Juta - Danai Modal Kerja

NERACA

Jakarta- Anak usaha PT Apac Citra Centertex Tbk (MYTX), yaitu PT Apac Inti Corpora (AIC) memperoleh fasilitas kredit dari Warba Bank sebesar US$5 juta. Pinjaman ini selanjutnya akan digunakan untuk mendukung modal kerja anak usaha perseroan tersebut. Informasi tersebut disampaikan manajemen perseroan dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (25/11).

Disebutkan, perjanjian fasilitas pinjaman (Master Murabaha Financing Agreement) ini telah ditandatangani oleh AIC dan Warba Bank pada 12 November 2013. Dalam penandatangan perjanjian pinjaman tersebut, MYTX memberikan jaminan perusahaan (corporate guarantee), yakni sebesar US$5 juta.

Dalam pengembangan binsisnya, emiten industri tekstil ini akan meningkatkan penetrasi produksi pada pangsa pasar domestik menjadi 60% pada tahun ini dari sebelumnya yang hanya sebesar 40%. Mengingat, kondisi pasar global terutama wilayah Eropa dan Amerika Serikat (AS) yang saat ini dinilai masih belum pulih. “Pasar global terutama Eropa semakin memburuk, dengan pertumbuhan ekonomi saat ini kita memanfaatkan itu, domestik meningkat dari 40% menjadi 60%.” kata Direktur Keuangan Apac Citra Centertex, Anas Bahfen.

Menurut dia, penetrasi pasar global akan tetap dilakukan dari Eropa dialihkan ke Asia pada 2014. Namun, dengan tertekannya harga rupiah terhadap dolar AS menyebabkan sulitnya perseroan mengembangkan usaha di luar negeri. Apalagi dengan adanya kenaikan tarif dasar listrik dan bahan bakar minyak (BBM). “BBM dan TDL yang akan naik pada tahun ini menyebabkan kami meningkatkan harga 10-15% karena terdorong harga produksi yang naik.” ujarnya.

Meski demikian, di sisi lain, naiknya harga rupiah akan meningkatkan perolehan pendapatan karena internal income yang dirupiahkan naik dengan batas kewajaran. “Tapi di pasar internasioan tidak bisa berubah, mereka tidak perduli dengan tekanan harga produksi,” imbuhnya. (lia)

Related posts