Pegadaian Mengaku Penjualan Emas Melebihi Target

NERACA

Jakarta - PT Pegadaian (Persero) mencatat penjualan emas sebesar Rp 1,24 triliun atau 2,5 ton hingga Oktober 2013. Direktur Utama Pegadaian, Suwhono mengatakan, angka tersebut sudah melampaui target pada awal tahun ini yang sebesar Rp 1,1 triliun. "Capaian dalam sepuluh bulan terakhir ini jauh lebih tinggi dibandingkan realisasi tahun lalu, yaitu Rp 1 triliun atau setara 1,8 ton emas," ujarnya di Jakarta, pekan lalu.

Suwhono menjelaskan dengan realisasi itu, penjualan emas per Oktober 2013 meningkat 20%-30% dibandingkan tahun 2012. Meski dari sisi penjualan Pegadaian bisa melebihi target, tapi dari segi harga penjualan tidak mengikuti target awal tahun.

"Namun harga yang menurun dan tidak sejalan dengan RKAP (Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan)," tambahnya. Pencapaian penjualan emas, diakuinya tidak sebanding dengan bisnis gadainya. Hal ini dilatarbelakangi penurunan harga emas. Kendati demikian, jumlah nasabah dan transaksi meningkat.

"Walau bisnis gadai menurun, kami masih berhasil mencatat laba Rp1,2 triliun dengan omzet Rp5 triliun," papar Suwhono. Dalam RKAP 2013, Pegadaian mematok harga emas sekitar Rp530 ribu per kilogram. Tindakan tersebut diambil karena beberapa analis mengasumsikan harga emas akan pulih tahun ini, walau ada juga yang meramal harganya turun dan stagnan. [ardi]

Related posts