Risiko dan Solusi Berbisnis Kembang

Risiko pastinya selalu ada dalam segala hal. Tak terkecuali dengan bisnis merangkai bunga. Ya, meski usaha ini menjanjikan keuntungan yang besar, bisnis rangakaian bunga juga memiliki risiko tak kalah hebat dari keuntungan yang ditawarkan.

Maklum saja, produk yang dijual adalah bunga yang besar kemungkinan untuk layu, nah kalau sudah layu tentu tak ada lagi yang mau meliriknya. Karena itu, Anda harus mensiasati hal-hal semacam ini agar bunga yang ingin dijual tetap fresh dan segar.

Selain tingkat ketahanan bunga, pemilik usaha juga harus memperhatikan mengenai persaingan di bisnis ini. Justru karena peluang bisnis bunga masih terbuka lebar maka pesaing akan semakin banyak bermunculan. Kreatiflah dengan segala hambatan agar pelanggan toko Anda tidak melirik toko bunga lainnya.

Bunga-bunga tersebut biasanya hanya mampu bertahan selama delapan hari, dan setelah itu bunga akan layu. Karena itu pemilik toko harus sudah dapat menjual bunga tersebut pada hari keempat atau hari kelima.

Dengan banyak tahu mengenai bunga maka Anda dapat mengurangi risiko bisnis tadi, kalau sudah demikian tentu Anda tidak perlu takut akan mengganggu bisnis Anda. Sementara mengenai persaingan, itu adalah hal biasa. Dalam hal apapun unsur sengitnya persaingan pastinya tidak bisa dielakkan lagi.

Tetapi, itu bukan berarti Anda harus menyerah dan menghentikan bisnis Anda atau bahkan menggunakan cara-cara yang tidak sehat dalam bersaing. Nah, salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko ini adalah dengan cara terus berinovasi. Dengan inovasi-inovasi tersebut Anda bisa unggul dalam bisnis merangkai bunga.

Karena, usaha merangkai bunga itu harus membuat rangkaian bunga yang menarik bagi konsumen. Tak hanya itu, rangkaian bunga tersebut juga merupakan hadiah bagi pihak lain. Bunga yang dirangkai itu diberi wadah papan atau pot bunga berukuran kecil, sedang, atau besar.

Merangkai bunga membutuhkan waktu antara 15 menit sampai paling lama 2 jam, tergantung tingkat kesulitan, rangkaian bunga yang akan diciptakan, serta keinginan konsumen. Penataan bunga memerlukan keahlian sendiri dan dapat dipelajari. Biasanya, mereka yang suka dengan bunga sangat bagus melakukan usaha rangkaian bunga sehingga tidak membosankan dan jenuh di kemudian hari.

Karena itu, jangan pernah berhenti berinovasi atau memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada pelanggan. Setidaknya, pelanggan yang ada tidak akan cepat bosan dan beralih ke toko bunga lain yang lebih menarik hati mereka.

Kalau Anda melihat ada sebuah toko bunga yang lebih sukses dari Anda, maka pelajari bagaimana kunci sukses yang diterapkan di toko tersebut. Setelah itu modifikasi usaha Anda agar lebih lengkap dari toko lainnya dalam hal koleksi, pelayanan dan lain sebagainya.

Related posts