Kamar Mandi Bersih Cermin Hunian Sehat

Sebuah hunian sehat bisa dilihat dari tampilan kamar mandinya. Dengan kamar mandi yang bersih, kesehatan penghuni rumah akan dapat terjaga. Tetapi masalahnya, untuk membuat kamar mandi besrih bukanlah perkara mudah. Akibatnya, banyak orang yang tidak mempedulikan kebersihan kamar mandi mereka.

Padahal, dengan pemeliharaan rutin (setiap hari dan setiap minggu) membuat perawatan kamar mandi menjadi lebih mudah. Karena kotoran yang ada akan lebih mudah dihilangkan daripada membersihkannya pada jangka waktu yang lama. Karena itu, lakukan pemeliharaan kamar mandi secara rutin. Ya, terdapat beberapa aktivitas perawatan rutin kamar mandi yang harus dilakukan, agar kamar mandi Anda bersih dan sehat..

Lantai dan Dinding

Membersihkan dinding dan lantai kamar mandi dengan menggosoknya dengan karbol ataupun cairan pembersih lain memang dapat membunuh kuman penyakit. Sebelum semua noda sulit dibersihkan lakukan pembersihan setiap hari, atau setidaknya seminggu sekali. Setelah dinding dan lantai dibersihkan dengan cairan karbol bilas dengan air bersih agar kamar mandi menjadi segar dan sehat.

Secukupnya

Terkadang, ketika membersihkan kamar mandi kita seringkali menggunakan cairan pembersih secara berlebihan. Tujuannya sih baik agar kamar mandi bersih dan sehat. Tetapi, perlu diketahui, jika kita menggunakan cairan pembersih secara berlebihan, kuman pembusuk pada saluran air dan septic tank akan mati sehingga proses pembusukan kotoran tak berjalan sebagaimana mestinya. Ujung-ujungnya, saluran air akan terhambat, septic tank pun akan lebih cepat penuh. Usahakan pula, memilih cairan pembersih yang ramah lingkungan, tidak berbau, dan tidak mematikan bakteri pembusuk di saluran air.

Pembersihan Besar

Untuk membersihkan yang ini memang terasa berat jika harus dilakukan setiap hari. Untuk itu, lakukanlah pembersihan besar seminggu sekali meliputi membersihkan kloset dan menguras bak air. Untuk membersihkan kloset, tuang sedikit pemutih ke dalam kloset, atau bubuk pembersih yang cocok, sikat dengan sikat kloset. Setelah itu, bilas sikat kloset dengan air sabun panas. Bersihkan dudukan kloset dengan cairan desinfektan, siram dengan air.

Sementara untuk membersihkan bak air, bila ada bagian yang kotor, siram dengan air sepanas mungkin selama beberapa saat agar mudah dibersihkan, lalu sikat, bilas sampai bersih dan keringkan. Anda juga bisa menggunakan cairan permbersih yang sesuai dengan bak mandi. Jangan lupa pula untuk membersihkan kran air. Caranya, gosok dengan pembersihdan bilas dengan air panas.

Related posts