Kredit Kendaraan Bermotor CIMB Niaga Rp18,70 Triliun - Per 30 September 2013

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk telah menyalurkan kredit kendaraan bermotor sebesar Rp18,70 triliun per 30 September 2013. Angka ini tumbuh 10% dibandingkan periode yang sama tahun 2012 yang sebesar Rp17,07 triliun.

Selain melalui 585 kantor cabangnya yang tersebar di seluruh Indonesia, kontribusi dari dua anak perusahaan, yaitu PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) – 49 kantor cabang, dan PT Kencana Internusa Artha Finance (KITA Finance) – 18 kantor cabang, juga turut mendukung pertumbuhan kredit kendaraan bermotor CIMB Niaga, dengan total pembiayaan masing-masing sebesar Rp13,22 triliun dan Rp2,26 triliun.

Ernin Saleh, Head of Automotive Business CIMB Niaga mengatakan, hingga September 2013 CIMB Niaga terus meningkatkan penetrasi kredit kendaraan bermotornya melalui 585 kantor cabangnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, CIMB Niaga juga meningkatkan kerjasama dengan sejumlah dealer/Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), maupun importir mobil umum/showroom, khususnya brand premium.

Menurut Ernin, menyasar segmen masyarakat kelas menengah atas, strategi lainnya yang dirasakan cukup efektif dalam meningkatkan pertumbuhan kredit kendaraan bermotor CIMB Niaga adalah bekerjasama dengan brand-brand premium sebagai financial partner dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, disamping menyelenggarakan pameran mobil yang diikuti brand-brand premium seperti pada event CIMB Niaga Smart Driving Experience Juli lalu.

Selain pameran mobil, event tersebut juga dipadukan dengan test drive dan sejumlah kegiatan otomotif seperti talkshow seputar otomotif dan lomba foto otomotif. CIMB Niaga, lanjut Ernin, masih akan menghadirkan event-event sejenis ke depan.

“Melalui event-event seperti ini, kami berharap mampu menumbuhkan minat masyarakat, untuk mengambil pembiayaan kendaraan bermotor di CIMB Niaga, baik itu nasabah existing maupun nasabah baru,” jelas Ernin di Jakarta, Selasa (19/11).

Meski menyasar segmen menengah atas, CIMB Niaga tetap menghadirkan layanan pembiayaan kendaraan bermotor bagi masyarakat/nasabah yang hendak mengambil kendaraan di luar segmen tersebut, melalui variasi produk Kredit Kepemilikan Mobil (KPM) CIMB Niaga serta sinergi dengan anak usaha, yaitu CNAF dan KITA Finance.

Keragaman itu bisa dilihat dari produk KPM yang ditawarkan CIMB Niaga. Di segmen premium, CIMB Niaga menyediakan produk KPM Smart Luxury. Cukup dengan melakukan pembayaran bunga setiap bulannya, sementara pokok (principle) dibayar bertahap setiap tahun (kelipatan bulan ke-12) sesuai jangka waktu pilihan konsumen, skema ini akan memberikan kemudahan bagi nasabah yang hendak mengatur keuangan mereka untuk keperluan yang lainnya.

Di luar segmen premium, juga tersedia KPM Smart Baloon Payment. Produk ini memberikan kemudahan cara pembayaran yang disesuaikan dengan kemampuan nasabah, di mana terdapat persentase tertentu dari utang pokok (plafon) dibayarkan di akhir tenor pinjaman, sehingga angsuran yang dibayarkan nasabah setiap bulannya tidak terlalu besar. Satu produk lainnya adalah KPM Smart Reguler.

Ernin menambahkan, CIMB Niaga berupaya memberikan layanan yang berkualitas kepada nasabahnya, antara lain dengan menghadirkan one stop banking services kepada nasabah. Kualitas layanan menjadi penting, terutama di tengah persaingan industri pembiayaan kendaraan bermotor yang sangat ketat.

Melalui one stop banking services, nasabah KPM CIMB Niaga yang membutuhkan produk dan layanan perbankan lainnya dari CIMB Niaga, cukup datang ke satu lokasi saja. "Untuk terus meningkatkan portofolio kredit kendaraan bermotor, disamping meningkatkan layanan, kami akan terus melakukan beragam pengembangan produk, promo-promo menarik, serta menambah kerja sama dengan dealer/ATPM maupun importir mobil umum/showroom," tandasnya. [rin]

Related posts