Regulator Siapkan Kampanye Money Laundering

NERACA

Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Muliaman Darmansyah Hadad, menuturkan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan program kampanye terkait pencucian uang (money laundering) bagi industri keuangan nonbank dan pasar modal. "Fokus terhadap money laundering belum merata. Oleh karena itu, saya sedang membuat kampanye money laundering di industri keuangan nonbank dan pasar modal," ujarnya, di Jakarta, Selasa (12/11).

Muliaman mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai macam workshop dan seminar dengan para pelaku pasar modal dan IKNB untuk memperkenalkan program money laundering tersebut. "Jadi kita sedang buatlah program atau desainnya tetapi sosialisasi sudah jalan," tambahnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, OJK tidak ingin membuat industri kaget dengan adanya program tersebut, oleh karena itu perkenalan kepada industri secara intens diperlukan. "Jadi betul-betul saya kira ini dilihat untuk kepentingan bersama dan ini memang memerlukan strategi agar tidak mengagetkan ya, (jangan sampai mereka bilang) ini sebenarnya agenda apa lagi," terang dia.

Muliaman menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya tindakan pencucian uang di sebuah perusahaan keuangan tentunya dapat dimulai dengan mengetahui profil nasabah atau pelanggan dengan baik (Know Your Customer atau KYC) "Money laundering itu (pencegahannya) dimulai dari yang sederhana, know your customer atau your client menjadi penting dan perlu dimiliki kapasitasnya oleh industri." tandasnya. [ardi]

Related posts