Kamera-kamera Dengan Edisi Spesial - Diproduksi Terbatas

Kamera memang menjadi salah satu barang yang cukup penting dimiliki. Selain untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau orang yang kita sayangi. Untuk beberapa orang lainnya seperti kolektor kamera, memiliki kamera yang jumlahnya dan diproduksi terbatas menjadi suatu kebanggaan. Beberapa produsen dan pabrikan kamera terkadang memang sengaja mengeluarkan edisi spesial yang jumlah dan diproduksi secara terbatas.

Sebagian besar pembelinya adalah kolektor kamera yang ingin menambah koleksi. Ttidak hanya tampilannya dan fungsinya saja yang spesial, harganya pun cukup spesial. Kamera dengan edisi spesial ini tentu dijual dengan harga yang cukup mahal, yang jelas sesuai fungsi dan balutan keindahan yang ada pada kamera tersebut, berikut ini adalah beberapa kamera dengan edisi spesial.

Leica M for (RED)

Leica sendiri sebenarnya sudah menjadi kamera yang spesial, namun tetap Leica membuat edisi yang spesial. Leica adalah salah satu produsen yang membuat kameranya dengan sangat baik, selain teknologinya yang sudah lama dikenal, kamera Leica pun dibuat dengan teknologi, tampilan dan harga yang sangat eksklusif.

Leica kini mempersembahkan Leica M for (RED) sebagai wujud partisipasi Leica pada acara (RED) Auction yang bertujuan untuk menggalang dana memerangi AIDS, tubercolosis dan Malaria yang akan dilangsungkan 23 November 2013 nanti. Selain untuk acara lelang, Leica M for (RED) juga tambah istimewa karena khusus dirancang oleh desainer Apple jony Ive dan Marc Newson. Kisah dibalik pembuatan kamera ini pun pun amat menarik.

Sigma SD1 Wood Edition

Pada tahun 2011, Sigma pernah menghadirkan kamera SD1 edisi khusus yaitu Sigma SD1 Wood Edition. Sigma SD1 sendiri merupakan kamera DSLR Premium beresolusi 46 megapixel dari Sigma yang populer berkat penggunaan teknologi sensor Foveon X3 yang ditemukan oleh Dick Merril. Di edisi khususnya ini, Sigma menyiapkan SD1 dengan casing kayu asli yang bisa dilepas pasang untuk mebuat tampilan Sigma SD1 yang kekar tampil lebih memikat.

Casing kayunya ini terbuat dari kayuamboyna burl. Kayu ini cukup istimewa karena terbentuk dari fenomena kecacatan pada sebuah pohon yang disebabkan oleh virus, jamur atau kerusakan lainnya yang umum tumbuh di batang pohon dan menempel pada akar. Danamboyna burlmerupakan salah satu jenis kayu burl langka di dunia. Butuh waktu hingga sekitar 60 jam untuk membentuk kayunya dan hanya dirilis sebanyak 10 buah dan dibanderol dengan harga sekitar US$14000 atau hampir 200 juta rupiah.

Pentax Q Magenta Pink

Pentax juga merupakan vendor kamera yang rajin menghadirkan kamera edisi khusus. Namun sayangnya, kamera edisi khusus Pentax umumnya dijual hanya untuk pasar domestik Jepang saja. Salah satunya adalah Pentax Q Magenta Pink yang tampil cantik berikut ini. Pentax menggandeng brand fashion Loewe yang berasal dari Madrid, Spanyol. Brand yang telah eksis dari tahun 1872 ini merancang Pentax Q yang mungil dengan warna Pink Magenta sehingga terlihat unik dan feminine.

Cocok digunakan para wanita yang gemar tampil gaya atau pria dengan tingkat percaya diri di atas rata-rata. Pentax Q Magenta Pink juga telah memiliki 2 aksesoris khusus yaitu tas untuk menyimpan lensa kamera dan tas tangan untuk menyimpan kamera. Pentax Q Magenta Pink bodi dan lensa dijual dengan harga sekitar US$860 dan hanya diproduksi sebanyak 100 unit.

Fujifilm X100 Black Limited Edition

Berkat teknologi sensor dan inovasi yang dimilikinya, Fujifilm pada akhirnya dapat meraih sukses dan bangkit kembali di era digital saat ini. Fujifilm memiliki sebuah kamera edisi terbatas yaitu Fujifilm X100 Black.

Fujifilm X100 versi terbatas ini hadir dengan bodi yang seluruhnya berwarna hitam. Fujifilm X100 Black Limited Edition hanya diproduksi sebanyak 10000 unit dengan harga jual sekitar US$1699,95. Yang menarik, setiap pembelian Fujifilm X100 Black Limited Edition Anda akan mendapatkan sertifikat kepemilikan sepaket dengan case kulit asli, hood dan ring adapter lensa dari bahan metal, serta filter protector.

Ricoh GR Limited Edition wood grip

Diperkenalkan di bulan April 2013, Ricoh GR kini hadir dalam edisi terbatas yang dilengkapi beberapa aksesoris premium. Ricoh GR edisi terbatas ini hadir dengan bodi magnesium alloy yang dilapisi dengan warna hijau metalik bertekstur untuk memberikan kesan retro. Bagianhand-gripdirancang ulang dengan tambahan kayu burl dari pohon eboni yang dilapisi warna hitam.

Kamera bersensor APS-C CMOS 16 megapixel ini tambah keren dengan aksesoris pendukungnya yang juga tersedia terbatas seperti case dan strap, hood dan adapter. Ricoh GR Limited Ediiton wood grip dibanderol dengan harga US$899.95 dan tersedia dalam jumlah terbatas mulai November 2013.

Related posts