MasterCard Gaet LotteMart Luncurkan Smart Weekend Shopping

NERACA

Jakarta - Untuk lebih meningkatkan performa dan ekspansi bisnisnya dMasterCard Indonesia kali ini distributor grosir terkemuka Lotte Mart Indonesia. Bentuk kerjasama ini ditandai dengan peluncur program kerja sama Smart Weekend Shopping. “Sesuai dengan misi perusahaan kami untuk terus mengembangkan bisnis, untuk itu kali ini kami mengajak Lotte Mart, untuk dapat bekerjasama melalui program Smart Weekend Shopping,” Irni Palar, Country Manager MasterCard Indonesia, sesaat setelah peluncuran program Smart Weekend, di Jakarta, Kamis (7/11).

Terkait dengan kerja sama program Smart Weekend Shopping ini, lanjut Irni, kami sangat menyambut gembira kerja sama kami dengan Lotte Mart Indonesia karena hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus memberikan manfaat lebih kepada kepada para pemegang kartu MasterCard di Indonesia. “Sejalan dengan program pemerintah Indonesia, kerja sama ini dapat membantu menpercepat lahirnya cashless society,” imbuhnya.

Sedangkan menurut Yoon Jukyang, President Director, Lotte Mart Indonesia mengatakan, Program awal kerjasama dengan MasterCard ini merupakan salah satu bentuk terima kasih kami kepada para pelanggan yang telah menunjukkan kesetiaannya untuk selalu berbelanja di outlet-outlet Lotte Mart. “Selain itu melalui kerja sama ini kami juga ingin membantu mendorong peningkatan pembayaran elektronik karena lebih aman dan efisien bagi para pelanggan.” kata Yoon.

Adapun bentuk kerjasama yang sudah terjalin, dan Skema dan desain program ini yaitu Dengan belanja menggunakan kartu MasterCard minimal Rp. 1.000.000 di akhir pekan (Jumat, Sabtu dan Minggu), pelanggan Lotte Mart akan mendapatkan kupon diskon belanja senilai Rp.100.000.

Muatan adanya kerjasama ini karena melihat besarnya konsumsi masyarakat yang disertai dengan perubahan trend belanja masyarakat Indonesia yang mulai bergeser dari metode pembayaran dengan menggunakan uang tunai menjadi pembayaran secara elektronik merupakan salah satu faktor pendorong kerja sama antara MasterCard Indonesia dan Lotte Mart Indonesia untuk program Smart Weekend Shopping ini. “Saat ini masyarakat Indonesia lebih memilih berbelanja dengan sistem elektronik, dari pada cash,” ujar Irna.

Selain itu, dengan jumlah rumah tangga yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, Indonesia merupakan pasar ritel yang sangat menjanjikan. Berdasarkan data studi oleh MasterCard, jumlah rumah tangga di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 61.627.499. Angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 64.457.568 di tahun 2017 atau meningkat sebesar 0,9 persen/tahun.

Pertumbuhan jumlah rumah tangga tersebut juga dibarengi oleh jumlah pengeluaran rumah tangga di Indonesia. Jika pada tahun 2012, pengeluaran rumah tangga di Indonesia diperkirakan mencapai US$436,9 juta maka pada tahun 2017 nanti angka diproyeksikan akan naik menjadi US$569.0 juta atau meningkat sebesar 30,2 persen.

“Data lain menyebutkan bahwa dengan jumlah penduduk sekitar 237 juta jiwa dengan total konsumsi tahunan mencapai Rp3.600-an triliun saat ini Indonesia merupakan pasar potensial bagi bisnis ritel modern,” paparnya.

Harapan kami dengan tingginya tingkat kepercayaan pelanggan di Indonesia terhadap situasi ekonomi di tanah air serta trend meningkatnya penggunaan kartu elektronik oleh pelanggan, kami yakin bahwa program kerja sama ini akan meraih kesuksesan seperti yang diinginkan.

“Saat ini pelanggan Indonesia termasuk dalam jajaran negara-negara yang memiliki tingkat kepercayaan pelanggan yang relatif tinggi bersama negara-negara berkembang lainnya seperti India, China, Filipina dan Myanmar. Dengan nilai 81 indeks poin, Indonesia berada di posisi ketiga setelah Myanmar (96 indeks poin) dan India (82 indeks poin,” tukasnya.

Program Smart Weekend Shopping yang baru diluncurkan tersebut merupakan salah satu program kerja sama jangka panjang antara kedua belah pihak dan akan berlangsung mulai tanggal 8 November 2013 sampai dengan 31 Desember 2013,”ujarnya.

Related posts