Menangkap Peluang Bisnis Sepatu Lokal

Di tengah bangganya para pencinta sepatu impor branded yang harganya mencapai jutaan rupiah, kini mulai banyak produsen sepatu lokal yang membuat sepatu dengan desainnya tak kalah hebat dari sepatu keluaran Eropa. Sontak, itu membuat para pecinta sepatu branded tadi berpaling karena harga jauh lebih murah.

NERACA

Sepatu kini sudah menjadi produk fesyen guna menunjang penampilan seseorang. Apalagi, sepatu branded asal asal Eropa, dengan mengenakannya juga membuat status seseorang mudah dikenali. Ya, sepatu macam Bally, Clarks, Christian Dior, Hermes, Gucci, Kickers, LV dan sebagainya, pada kenyataannya mampu membedakan status seseorang.

Tetapi kini, pergeseran tengah terjadi, di tengah kebanggaan para pencinta sepatu branded impor yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, kini telah banyak produsen sepatu lokal berlomba-lomba membuat sepatu yang desainnya tak kalah dari sepatu-sepatu impor. Dengan kata lain, kualitas mampu bersaing tetapi harga jualnya lebih murah.

Bahkan kabarnya, akibat pengembangan model serta inovasi yang telah dilakukan para produsen lokal, sepatu-sepatu mereka tak hanya diminati konsumen lokal saja, tetapi juga konsumen luar negeri. Karenanya jangan heran kalau kini tengah banyak pengusaha yang membuka usaha sepatu lokal.

“Permintaan sepatu lokal saat ini begitu tinggi, karena model dan kualitasnya tak kalah hebat dengan sepatu impor. kalau dulu kan sepatu loal tak jauh-jauh dengan model 'Cibaduyutan', tetapi kini tak lagi begitu, urusan model dan kualitas mampu bersainglah,” jelas Yoyoh, salah satu pemilik gerai sepatu di bilangan Ciputat.

Lalu seperti apa sebenarnya potensi bisnis sepatu lokal yang kini menjadi alternatif pilihan konsumen terutama yang berasal dari kalangan menengah atas? Ya, soal potensi, bisnis ini memang sangat menjanjikan.

Keuntungan Yoyoh sebagi pemilik gerai saja sudah seperti itu, apalagi keuntungan para produsen sepatu itu sendiri. Tentu saja, mereka mendapatkan lebih banyak lagi keuntungan. Maklum saja, keberadaan sepatu kan tidak lepas dari kebutuhan setiap orang untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari.

Strategi Pasar

Kalau ingin membuka usaha ini, tidak melulu harus bermodalkan besar. Karena segalanya bisa dimulai dari yang kecil-kecil. Nah dengan modal sedikit, Anda bisa membuat beberapa pasang sepatu untuk dipasarkan. Tetapi soal pengetahuan mengenai sepatu harus Anda miliki. Karena bagaimanapun juga Anda tidak akan bisa membuat sepatu berkualitas jika pengetahuan Anda nol.

Jika Anda miskin pengetahuan dan ingin berbisnis sepatu. Maka harus ada orang yang berpengalaman dan memiliki kemampuan membuat sepatu berkualitas. Sehingga keinginan konsumen dari sebuah sepatu dapat dimiliki.

Untuk strategi memasarkannya, juga tidak sulit. Karena dalam memasarkan sepatu berkualitas ini, bisa dilakukan dengan menyewa outlet (tentunya di daerah strategis), bisa juga dengan mengikuti pameran nasional maupun internasional, tititp jual di butik, dan promosi lewat jejaring sosial. Tetapi sebelum itu, sebaiknya pelaku usaha juga melakukan riset pasar sebelum membuat desain sehingga benar-benar mengetahui desain yang disukai konsumen dan menekan risiko tidak laku.

Sasarlah target pasar sepatu lokal ini sebaiknya menyasar kelas menengah, alasannya sepatu yang Anda buat bisa menjadi pilihan dengan menawarkan kenyamanan dan kualitas serta desain tak kalah dengan sepatu branded.

Lain halnya untuk kelas menengah ke bawah, harga sepatu yang murah masih menjadi daya tarik utama bagi mereka walaupun kualitas serta daya tahan sepatu tidaklah baik. Karena yang mereka cari adalah sepatu murah. “Kan yang dicari orang dari sepatu ya itu, nyaman berkualitas serta modelnya baik,” sebut Fitrah penggemar sepatu lokal berkualitas di Jakarta beberapa waktu lalu.

Related posts