Kiat Sukses Berbisnis Sepatu

Mengingat peluangnya yang begitu besar, tak heran banyak yang melirik sepatu sebagai lahan bisnis mereka. Apalagi, sepatu itu sudah menjadi kebutuhan sekunder yang sangat penting untuk dipenuhi oleh manusia.

Tetapi perlu diketahui, untuk membukanya, Anda juga tidak bisa sembarangan. Karena salah-salah usaha Anda tak akan laris dan ujung-ujungnya berbuah kegagalan usaha atau biasa disebut “gulung tikar”. Untuk itu ada baiknya, Anda ikuti kiat-kiat membuka usaha sepatu di bawah ini.

Harga Terjangkau

Berbisnis sepatu lokal branded tentu harus menyesuaikan harga produk. Karena, segmen ini lebih ditujukan untuk kalangan menegah tentu kalau harganya relatif mahal, mereka akan enggan membeli produk yang Anda tawarkan.

Inovasi Desain

Sebagai pemain baru, Anda harus selalu melakukan inovasi desain. Jadi sepatu yang Anda tawarkan tak hanya itu-itu saja. Misalnya dengan melakukan pengembangan pada tali sepatu, pada sol sepatu, akan membuat desain Anda fresh di mata konsumen. Dengan kata lain ada sentuhan inovasi yang memberikan pilihan lain bagi konsumen yang biasa membeli sepatu branded

Tentukan Segmen Pasar

hal yang satu ini sangat penting, mengingat segmen umur 17 hingga kalangan eksekutif muda memiliki keinginan berbeda. Carilah segmen yang masih belum banyaknya pemainnya, dengan demikian Anda bisa melakukan positioning yang tepat.

Kenyamanan

Seperti diketahui, faktor kenyamanan, keamanan, serta kesesuaian sepatu dengan bentuk kaki harus dilakukan. Maka dari itu, sebaiknya gunakan bahan baku yang berkualitas. Misalnya, dengan menggunakan bahan kulit sapi maupun kambing asli. Atau bisa pula menggunakan bahan kanvas, kulit buaya, dan sebagainya.

Soal Sol

Tak hanya kenyamanan, sol sepatu pun harus baik. Makanya gunakan sol dari bahan karet yang tahan minyak agar tidak licin kala digunakan. Biasanya, sol sepatu macam ini berasal dari ethyl vinyl acetate yang merupakan bahan sintetis mirip karet.

Quality Control

Ya, kontrol kualitas harus senantiasa dilakukan, sehingga tidak terjadi salah jahit atau lem yang tidak baik, dan sol sepatu juga dapat dipastikan telah melekat dengan sempurna.

Related posts