Hingga Oktober, Cadev Capai US$ 97 Miliar

NERACA

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah cadangan devisa Indonesia mencapai US$ 97 miliar pada akhir Oktober 2013, meningkat US$ 1,3 miliar dari posisi US$ 95,7 miliar pada akhir September 2013, “Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,5 bulan impor atau setara dengan 5,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah,” ujar Direktur Komunikasi BI Peter Jacobs, dalam siaran pers di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, bank sentral memandang jumlah tersebut cukup aman untuk mendukung ketahanan sektor eksternal dan berada di atas standar kecukupan internasional. Adapun peningkatan jumlah cadangan devisa pada Oktober 2013 didorong oleh penerimaan dari ekspor migas bagian pemerintah.

Seiring dengan kenaikan cadangan devisa tersebut, kata Peter, respons positif pelaku pasar terhadap kebijakan yang ditempuh BI dan Pemerintah telah mendorong aliran masuk modal asing ke instrumen SBI dan SBN yang pada gilirannya berkontribusi pada meredanya tekanan nilai tukar rupiah di Oktober 2013. (bani)

Related posts