Mengintip Keunggulan dan Kelemahan New Honda Jazz RS

Honda Jazz merupakan sebuah mobil yang sangat cocok untuk semua kalangan dari anak muda hingga kalangan orang dewasa. Dari yang suka dengan Honda Jazz original sampai yang suka denganvariasi jazzyang sudah diberikan sentuhan. Ketika banyaknya bermunculan mobil-mobil baru yang memberikan fasilitas yang mewah, Honda Jazz hadir di tahun 2013 dengan desain yang sangar dan sporty.

NERACA

Desain ini masih merupakan adopsi dari Honda Jazz terdahulu, namun diberikan beberapa sentuhan yang terdapat pada headlamp dan bagian ekterior dan interior yang modern dan canggih. Pada grill dipasang emblem RP dan smoke head lamp, bagian bawah dipasang velg 16 inchi terbaru.

Pada bagian interior Honda Jazz 2013 ini terdapat sebuah audio dengan menggunakan sistem baru berupa layar sentuh yang berukuran 6,1 inchi yang suppport terhadap iPhone, Blackberry, iPod, DVD, USB, CD dan iPhone App Mode menggunakan kabel tambahan untuk iPhon 4s dan 4. Bukan hanya itu, Honda Jazz 2013 ini memiliki sistem keamanan yang canggih dengan dipasangnya Security Alarm.

Setiap ada sebuah produk yang diluncurkan oleh setiap perusahaan pasti akan ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga dengan Honda Jazz 2013 yang memiliki kelebihan dan kekuranganya tersendiri, antara lain:

Kelebihan Honda Jazz 2013 ini memiliki kapasitas penumpang yang sangat fleksibel, dengan adanya fitur ultra set yang bisa membuat kursi penumpang dilipat, ini akan memberikan ruang sesuai dengan kebutuhan. Tenaga mesin Honda Jazz 2013 ini mencapai 120ps dengan kapasitas mesin 1.5 liter i-VTEC ini merupakan mobil yang memiliki tenaga besar dikelasnya.

Fitur pada Paddle Shif yang akan membawa suasana pengendara seolah oleh berada dibelakang stir formula 1 dengan percepatan otomatis 5 percepatan (5AT) dengan model sport yang menjadikan Honda Jazz ini semakin bertenaga dan agresif.

Bahan bakar yang irit masih tetap jadi andalan untuk mobilvariasi jazzkeluaran Jepang ini. Itu merupakan kelebihan dari Honda Jazz 2013 ini, dan masih banyak lagi kelebihan lainnya yang sangat kental dengan nuansa sporty anak muda metropolitan.

Sebuah tongkrongan yang berkelas akan selalu menjadikan anda percaya diri ketika mengendarai mobil Honda Jazz ini. Nuansa modern, mewah dan elegan tersirat jelas dengan sentuhan sporty yang dipancarkan dengan banyak pilihan warna.

Kekurangan New Honda Jazz RS

Untuk tipe matik, tarikan bawahnya lemot. Hal ini berbeda dengan saingannya Toyota Yaris yang tarikan bawahnya nendang. Kabin kurang senyap dan terkesan berisik yang berarti kurang peredaman yang memadai. Suara hujan dan ban tembus ke kabin sehingga harus membesarkan suara audio untuk menghilangkan gangguan suara dari luar. Diperlukan tambahan dana untuk menambahkan peredam pada plafon dan dashboard depan.

Suspensinya terlalu keras (depan) dan terlalu lembut (belakang) sehingga tidak nyaman untuk perjalanan jauh atau tidak nyaman pada jalan yang tidak mulus. Untuk kencang memang enak tetapi untuk membawa penumpang sungguh suspensi yang keras membawa konsekuensi kenyamanan berkurang. Jangan coba2 melewati polisi tidur atau jalan berlobang dengan Honda Jazz karena pantat penumpang belakang akan locat.

Ground Clearance terlalu rendah hanya 150 mm sehingga membatasi ruang jelajah Honda All New Jazz. Pengguna Honda All New Jazz harus selalu memilih jalanan yang relatif mulus untuk menghindari nggesrot bumpernya. Banyak yang mengeluhkan Honda All New Jazz gampang nggesrot pada polisi tidur apalagi dengan adanya body kit.

Tidak bisa seirit yang diperkirakan sebelumnya. Apalagi dengan karakter Jazz yang agresif maka konsumsi BBM akan sangat mengecewakan. Dalam kota macet konsusmi BBM hanya berkisar 8-10 km/liter. Apalagi yang otomatik lebih boros.

Penyakit lama Honda Jazz adalah pintu depan bagian driver, kacanya gampang seret. Perlu rajin memberi semprotan silicon supaya tetap lancar. Inilah kegagalan Honda dalam merancang sistem pengendali motor dan sensor pada kaca pengemudi.

HID, keyless Entry dan Start STop Button belum tersedia seperti yang ada pada varian tertinggi saingannya. Atau dengan kata lain Honda Jazz minim Fitur dibandingkan kompetitornya.

Bagasi terutama pintu bagasi belakang sering mengeluarkan bunyi-bunyian saat melewati jalan keriting. Yang paling mengganggu adalah ground clearance yang rendah dan kualitas peredaman yang kurang. Jadi jika ke-2 masalah utama tersebut bisa diterima maka All New Jazz pantas untuk dijadikan kendaraan harian.

Related posts