Lagi, CIMB Niaga Terbitkan Obligasi - Danai Penyaluran Kredit

NERACA

Jakarta – Dalam rangka memperkuat modal dan mendanai ekspansi bisnis, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menawarkan obligasi berkelanjutan I Bank CIMB Niaga Tahap II Tahun 2013 dengan tingkat bunga tetap, setelah sebelumnya dilakukan penundaan pada Juni lalu. Jumlah nominal obligasi yang ditawarkan kali ini sebesar Rp1.45. 000.000.000 (satu triliun empat ratus lima puluh miliar rupiah).

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (6/11). Kata Corporate Secretary CIMB Niaga, Rudy Hutagalung, nantinya penggunaan dana yang diperoleh dari hasil obligasi tersebut akan digunakan untuk penyaluran kredit CIMB Niaga. Lanjutnya, berangsur membaiknya perekonomian Indonesia di kuartal IV-2013 yang ditandai dengan relatif stabilnya nilai tukar rupiah serta berkurangnya tekanan inflasi, menjadi pertimbangan CIMB Niaga untuk menawarkan obligasi saat ini. "Hal ini turut berpengaruh kepada daya beli masyarakat, termasuk para investor, yang berangsur normal. Ini menjadi momentum yang baik untuk CIMB Niaga," ungkap Rudy.

Dia menambahkan, jumlah obligasi yang ditawarkan terdiri dari tiga seri. Yaitu Obligasi Seri A dengan nilai Rp285 miliar dan jangka waktu dua (2) tahun, Obligasi Seri B dengan nilai Rp315 miliar dan jangka waktu tiga (3) tahun, dan Obligasi Seri C dengan nilai Rp850 miliar dan jangka waktu lima (5) tahun.

Adapun obligasi ditawarkan dengan nilai 100% dari nilai nominal obligasi, dengan pembayaran kupon dilakukan secara triwulanan sesuai dengan tanggal waktu pembayaran kupon obligasi,"Dengan nilai kupon yang ditawarkan sebesar 8,75% p.a, 9,15% p.a, dan 9,75% p.a masing-masing untuk obligasi Seri A, B, dan C, obligasi CIMB Niaga ini dapat menjadi salah satu pilihan investasi yang menarik dan menguntungkan bagi para investor,”ujarnya.

Rencana masa penawaran (offering) obligasi ini, lanjut Rudy, dilakukan pada 15 November 2013, dengan masa penjatahan (allotment) pada 18 November 2013. Direncanakan, pencatatan obligasi di Bursa Efek Indonesia dilakukan pada 21 November 2013. Adapun yang bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi adalah PT CIMB Securities Indonesia, sedangkan wali amanat adalah PT Bank Permata Tbk.

Disebutkan, obligasi yang bakal ditawarkan perseroan mendapatkan pengakuan dari dua lembaga rating independen, yaitu PT Pemeringkat Efek Indonesia dan PT Fitch Ratings Indonesia yang memberikan penilaian (id) AAA dan AAA (idn) menjadi nilai tambah dari Obligasi Berkelanjutan I Bank CIMB Niaga Tahap II Tahun 2013 ini. (bani)

Related posts