BEI Telah Delisting 20 Emiten Nakal

Guna menegakkan disiplin para emiten di pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengklaim tidak akan pernah ragu untuk memberikan sanksi tegas baik tertulis, denda hingga delisting dari pasar modal, “Kita akan memberikan sanski kepada emiten yang nakal, termasuk sanksi ancaman delisting, “kata Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Ito Warsito di Nusa Dua Bali, kemarin.

Dirinya mengungkapkan, pihaknya dalam lima tahun terakhir sudah menghapus (delisting) 20 saham perusahaan yang tercatat di BEI. Bursa selalu mengawasi perusahaan tercatat dan jika ada pelanggaran langsung mengirimkan surat teguran untuk meminta penjelasan dari perusahaan tersebut.

Akan tetapi, jika perusahaan tersebut mengalami kepailitan dan sudah lama disuspen (penghentian perdagangan sementara), pihak BEI akan men-delisting saham perusahaan tersebut, “Bursa tidak segan-segan men-delisting, jika perusahaan tersebut tidak lagi memenuhi persyaratan. Hingga lima tahun terakhir, bursa sudah mendelisting 20 saham perusahaan tercatat," kata Ito.

Pihak bursa dalam menghapus saham perusahaan tercatat, merujuk pada Peraturan Bursa Nomor I-I tentang Penghapusahan Pencatatan (Delisting) dan Pencatatan Kembali (Relisting) Saham di Bursa Ketentuan III.3.I.I.

Ketetapan tersebut mengatur bahwa Bursa menghapus pencatatan saham Perusahaan Tercatat apabila Perusahaan Tercatat mengalami sekurang-kurangnya satu kondisi, atau peristiwa, yang secara signifikan berpengaruh negatif terhadap kelangsungan usaha perusahaan tercatat sebagai perusahaan terbuka, dan perusahaan tercatat tidak dapat menunjukan indikasi pemulihan yang memadai. (bani)

Related posts