BBM Ponsel Blackberry Vs BBM Android dan iOS - Cermat Dalam Memilih

Akhirnya Blackberry Messenger atau biasa disapa BBM kini hampir dapat dinikmati oleh banyak orang, tidak hanya pengguna ponsel Blackberry saja, para pengguna ponsel bersistem operasi Android dan iOS juga bisa mendownload aplikasi ini dengan cuma-cuma. Dan tidak hanya itu saja, pada hari peluncuran resmi pertamanya 10 juta aplikasi tercatat telah terdownload, ini sungguh angka yang cukup besar.

Aplikasi BBM sendiri terus mengalami kenaikan yang sangat signifikan di Apple App Store dalam kategori free app, dan mengambil posisi nomor 1 di lebih dari 75 negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Indonesia dan sebagian besar negara Timur Tengah. BBM bermaksud untuk bisa menjadi private social network yang terkemuka untuk siapa saja yang membutuhkan komunikasi langsung dan kolaborasi antara instant messaging yang dikombinasikan dengan kontrol, privasi dan penyampaian pesan yang handal melalui BBM.

Angka download tersebut memperlihatkan bahwa sesungguhnya BBM merupakan salah satu aplikasi messenger yang memang masih sangat diminati dan digunakan. Namun tidak banyak yang memperhatikan lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan aplikasi BBM untuk Android dan iOS. Sejak terdengarnya kabar akan dirilisnya aplikasi BBM untuk Android dan iOS, para pengguna memang sudah menunggu dan tidak sabar untuk menggunakannya.

Namun sebelum dirilis secara resmi, BBM sendiri banyak isu menyebutkan bahwa itu adalah sebuah rilis uji coba. Namun sebuah rilis uji coba itu tidak berjalan dengan baik, lonjakan pengguna membuat server menjadi kualahan dan menyebabkan penarikan ulang aplikasi tersebut dan tidak dapat digunakan, khususnya aplikasi BBM untuk Android.

Begitu banyak masyarakat yang mendaftarkan emailnya agar bisa mendapatkan PIN BB dan bisa melakukan chatting dengan aplikasi inilah yang akhirnya mau tidak mau server terpaksa ditutup untuk sementara. Penutupan server sementara tersebut dilakukan untuk memperbaiki aplikasinya dan RIM telah berjanji akan segera membukanya kembali.

Namun tidak lama aplikasi BBM memang akhirnya diluncurkan secara resmi, dan kini sudah banyak orang yang menggunakannya. Kini RIM benar-benar menepati janjinya, aplikasi BBM untuk Android atau iOs saat ini sudah bisa digunakan tak hanya untuk iPhone namun bagi pengguna android juga. Hal ini jelas membuat penurunan jumlah penjualan ponsel Blackberry itu sendiri, namun banyak orang masih bertanya-tanya apakah kekurangan dari aplikasi ini sendiri saat digunakan di ponsel bukan Blackberry.

Hal pertama mengenai kelebihan aplikasi BBM untuk Android dan iOS ini adalah aplikasi ini mampu digunakan di berbagai macam handphone, bisa handphone samsung, Mito, Croos, Advad, LG, HTC, Sony Xperia dan jenis ponsel lainya yang tentunya sudah ditentukan OSnya seperti Android dan iOS. Hal tersebut karena aplikasi ini bersifat multiplatform. Selain itu aplikasi ini kini dapat di download secara gratis tanpa perlu membeli ponselnya seperti dulu.

Kelebihan yang kedua yaitu jika dilihat pada sisi aplikasinya, kemungkinan besar aplikasi BBM untuk Android dan iOS memiliki kapasitas yang lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi bbm asli milik blackberry yang berada pada ponselnya terdahulu. Keuntungan lainnya, pengguna tidak perlu menggunakan pulsa paket internet Blackberry seperti dulu, tapi cukup memiliki paket internet saja.

Sedangkan bila dari sisi kekurangan BBM untuk Android atau iOS yang pertama adalah pada sisi penggunaan baterainya. Jika dilihat dari banyaknya aplikasi chat yang biasa dimiliki oleh para pengguna ponsel Android atau iOS miliki seperti Line, KakaoTalk, Whatsapp, We Chat dan aplikasi chat lainnya ditambah lagi dengan aplikasi BBM yang selalu on maka akan membuat batrei cepat habis. Kelemahan dari kedua system operasi ini memang masih pada daya tahan baterei. Jadi bila ingin menggunakan, setidaknya kita memiliki powerbank untuk pengisi daya cadangan.

Kekurangan yang kedua yakni tarif kuota atau paketan internet yang kita miliki akan cepat habis karena aplikasi BBM untuk Android dan iOS ini memang cukup memakan kuota. BBM pada Android dan iOS belum terbukti keamanannya, seperti anti sadap dan bahkan banyak pengguna yang mengeluhkan pesan yang lebih lama sampai bila dibandingkan saat menggunakan ponsel Blackberry. Bila dibandingkan, keduanya memang memiliki kelebihan masing-masing. Kini yang terpenting kita bisa menggunakannya secara maksimal dan sesuai kebutuhan.

Related posts