Manisnya Berbisnis Aksesoris Komputer

Mendesaknya kebutuhan akan teknologi belakangan ini, membuat peluang usaha penjualan perangkat komputer semakin mentereng. Tak hanya penjualan komputer saja yang mencicipi manisnya pasar teknologi. Para pengusaha aksesoris komputer pun panen untung.

NERACA

Zaman ke zaman teknologi terus berkembang. Salah satunya adalah perangkat komputer, sekarang zaman computer, segala kegiatan manusia akan terbantu dengan kecanggihan teknologi. Mulai dari mencari informasi, bekerja, dan lain sebagainya.

Kini, boleh dikatakan hampir berbagai lapisan masyarakat telah memiliki perangkat teknologi yang satu ini. Akibatnya, ini menjadi peluang tersendiri bagi orang-otang yang memiliki jiwa wirausaha. Ya, mereka memanfaatkan kondisi ini untuk membuka sebuah usaha di bidang komputer dan segala perlengkapannya.

Nah, dengan banyaknya pemakai perangkat komputer, maka keberadaan aksesoris yang berhubungan dengan computer juga marak dicari, mulai keyboard, mouse, mouse pad, speaker, headset, refill tinta, CD/DVD, atau tempat meletakkan CD/DVD.

Beragam keperluan tersebut sewaktu-waktu banyak dicari oleh pengguna perangkat komputer, baik untuk mengganti perangkat yang rusak maupun mencari barang baru yang memang diperlukan.

“Awalnya sih saya hanya mekanik computer saja, tetapi melihat peluang bisnis di aksesoris kian mantap, saya akhirnya putuskan untuk membuka gerai aksesoris ini,” ucap Rizal pemilik gerai Rico Computer yang terletak di bilangan Cipulir Jakarta Selatan.

Meski demikian, kata Rizal, perlu diketahui untuk memulai bisnis ini pemilik usaha harus tahu betul pangsa pasar yang mereka tuju. Jadi, sebelum memulai usaha harus tahu dulu kalangan mana yang benar-benar membutuhkan dan merasakan manfaat dari computer. Setelah itu baru tentukan yang mana yang Anda incar.

“Apakah yang kita incar para siswa/pelajar, mahasiswa, atau pekerja kantoran? Itu harus jelas dulu. Karena itu sangat menentukan hasil yang akan kita dapat. Kalau saya pilih segmen pelajar, makanya saya buka usaha dekat dengan sekolah,” tegas dia.

Pelajar dan mahasiswa tentu saja sangat terbantu dengan adanya komputer dalam proses belajar, baik dalam membuat tugas, laporan penelitian, dan sebagainya. Sedangkan pekerja kantoran terbantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan mereka.

Ya, menjalani bisnis di bidang ini, dituturkan Rizal tidaklah sulit. Meski demikian, tetap saja perlu strategi jitu agar bias menang dalam persaingan. Pasalnya, para pemain di sector ini cukup ramai. Urusan sukses bukan hal mustahil didapat, meningat pengguna perangkat ini kian hari kian bertambah.

Hambatan Bisnis

Sejatinya, aral melintang di bisnis ini pasti ada laiknya bisnis-bisnis yang lain. Jadi, meskipun bisnis ini terlihat simpel dan mudah untuk dijalani. Tetap saja butuh strategi untuk sukses. Kalau tidak, ya tidak perlu berharap banyak akan bisnis yang telah dijalani.

Karena hal-hal seperti banyaknya saingan usaha serupa di sekitar lokasi Anda, atau ritme permintaan barang yang lambat, atau juga pasokan barang yang langka dan naiknya harga pasaran peralatan komputer, tentu itu akan menjadi permasalahan tersendiri saat memutuskan berbisnis di bidang aksesoris komputer.

“Yang pasti jangan sampai mengecewakan pelanggan, baik itu dari segi pelayanan ataupun akan kelengkapan perlengkapan yang dijual. Dan yang paling penting, harus berani bermain di harga mengingat persaingan kini semakiin ketat,” tutup Rizal.

Related posts